Pilkada Serentak 2020, Ambilah Peran Signifikan
Wahyu Triono KS

MUDANEWS.COM – Belum ada suatu penelitian yang menjawab tentang hubungan yang signifikan dengan lahirnya pemimpin-pemimpin muda di pemerintahan daerah di Sumatera Utara, H. M. Syahrial, Walikota Tanjungbalai, Bahtiar Ahmad Sibarani, Bupati Tapanuli Tengah, Musa Rajeksyah, Wakil Gubernur Sumatera Utara dengan geliat dan rencana munculnya tokoh generasi muda yang akan meramaikan pemilihan kepala daerah di Medan antara lain Bobby Nasution, Dahnil Anzar Simanjuntak dan beberapa tokoh muda lainnya di beberapa daerah di Sumatera Utara.

Geliat anak muda di panggung Pilkada bukan hal yang baru, tetapi keikutsertaan generasi muda yang semakin banyak di panggung politik dan berbagai lini kehidupan menjadi berkah tersendiri tentang gairah anak muda sambut puncak Bonus Demografi 2020-2030.

Tentu bukan hanya di panggung politik, di dunia usaha, akademisi, intelektual anak-anak muda menjalani berbagai lintas profesi yang kompeten dan profesional yang sungguh menggairahkan.

Bila dulu anak-anak muda kebanyakan cuma sebagai supporting dan pendukung serta pelaksana di level teknis, kini anak-anak muda bergeliat dan menjadi penentu dan mengambil peran yang signifikan dalam pengambilan keputusan dan kebijakan di seluruh sektor kehidupan politik, ekonomi, sosial, budaya, keagamaan dan semua lintas profesi.

Geliat dan gairah anak muda yang mengambil peran signifikan di semua lini kehidupan bukan hanya terjadi di Sumatera Utara, di Jakarta, Anies Rasyid Baswenan dan M. Ridwan Kamil di Jawa Barat sebagai Gubernur yang relatif muda, begitu juga di berbagai daerah yang merata hampir di semua wilayah di Indonesia di semua lini kehidupan

Apakah kita sudah mengambil peran-peran signifikan dalam seluruh perkembangan dan geliat kehidupan yang penuh warna dengan berbagai persiapan kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan yang kita punya?

Atau justeru kita masih menjadi penonton gratisan yang hanya siap bertepuk tangan dan berdecak kagum dan takjub dengan pesatnya berbagai kemajuan lingkungan di sekitar kita.

Bergeserlah sedikit demi sedikit untuk mengambil peran yang signifikan dan siap berubah untuk yang lebih baik dalam kehidupan. Nasehat dan memotivasi diri sendiri. [WT, 11/09/2019]

Oleh: Wahyu Triono KS
Dosen FISIP Universitas Nasional, Founder SSDI dan LEADER Indonesia