Calon Wali Kota Medan, MAPANCAS Medan : 4 Kriteria Harus Dimiliki
Ketua DPD MAPANCAS Kota Medan M Roufik Sitepu SE

MUDANEWS.COM, Medan – Dalam waktu dekat ini masyarakat Kota Medan akan melaksanakan Kontestasi Pilkada Kota Medan 2020. Sejumlah nama besarpun sebagai calon yang nantinya akan ikut bertarung mulai dihembuskan ditengah masyarakat Kota Medan. Dan ada sekelompok masyarakat yang disibukkan mengenai figur calon yang akan bertarung pada Kontestasi Pilkada Medan 2020.

Ketua DPD MAPANCAS (Mahasiswa Pancasila) Kota Medan Bung M Roufik Sitepu SE, Kamis,(05/09/2019) berpendapat, ada 4 kriteria harus dimiliki Calon Walikota Medan 2020 yang nantinya akan memimpin Kota Medan selama 5 tahun, yaitu :

1. Inclusive
Pemimpin inclusive Sangat dibutuhkan di era milenial. Karena perbedaan cara pandang antar individu semakin kompleks. Hal ini diakibatkan oleh banyaknya informasi yang semakin mudah diakses oleh siapapun, dimanapun dan kapanpun sehingga membentuk pola pikir yang berbeda diantara individu. Karena kaum milenial menganut nilai – nilai transparansi dan kolaborasi dalam hidup mereka.

2. Brave To Be Different
Pemimpin harus tampil beda baik dari segi berpikir dan kebijakannya apalagi keberaniannya dalam memutuskan suatu masalah. Artinya seorang pemimpin jangan sampai meneruskan tradisi membenarkan yang biasa dari pada membiasakan yang benar. Sehingga Goal yang akan dicapai selama 5 tahun bisa terwujud.

3. Digital Mindset
Pemimpin di era milenial harus bisa memanfaatkan kemajuan teknologi sehingga bisa menghadirkan proses kerja yang efisien dan efektif. Apalagi menyangkut pelayanan publik sampai hari ini masyarakat Kota Medan belum bisa mendapatkan pelayanan yang maksimal mengenai urusan adminitrasi menyangkut KTP, KK dan sebagainya. Karena kita mengetahui bahwa Kota Medan ini terdiri dari 21 Kecamatan dan 151 Kelurahan artinya tanpa memanfaatkan teknologi akan menghambat efektifitas dan efisiensi proses kerja dalam mencapai goal selama 5 tahun.

4. Substantif
Seorang pemimpin harus mampu memiliki cara pandang yang substantif sehingga pemikirannya bisa diterima oleh masyarakat umum khususnya Kota Medan. Seorang pemimpin yang berpikir secara substantif tentunya akan lebih diterima kehadirannya oleh masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di kota Medan.

“Dan saya juga melihat ada 2 jenis pemimpin di masyarakat khususnya Kota Medan yaitu
Pemimpin Kultural dan Pemimpin Struktural,” tuturnya.

“Saya melihat sebaiknya Kota Medan ini dipimpin oleh pemimpin yang dikolaborasikan dari kalangan kultural dan struktural sehingga bisa banyak ide atau gagasan yang bisa membangun kota medan yang kita cintai ini sehingga harapan kita bersama kota Medan akan berkembang pesat dan akan lebih baik lagi dalam hal pelayanan publik, kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan sebagainya,” ungkap Ketua DPD MAPANCAS (Mahasiswa Pancasila) Kota Medan Bung M Roufik Sitepu SE. Berita Medan, red