Advance Training HMI Sumut, Akbar Tanjung: HMI Didirikan untuk Indonesia
Akbar Tanjung didampingi Ketum Badko HMI Sumut Muhammad Hasbi Silalahi

MUDANEWS,COM, Medan – Ir Akbar Tanjung memberikan pesan agar HMI ikut menjaga keutuhan Negara Indonesia. Hal ini disampaikan mantan Ketua MPR RI itu disela-sela mengisi Advance Training (Latihan Kader 3) Badko HMI Sumut di UPT Mekanisasi Pertanian Medan, Selasa (3/9/2019).

Dalam pemaparan dihadapan puluhan peserta yang datang dari beberapa daerah di Indonesia, Akbar Tanjung yang didampingi Ketua Umum HMI Sumut Hasbi Silalahi mengawali pembicaraan dengan memberikan gambaran awal terhadap berdirinya negara Indonesia.

“Ahmad Subarjo mengajak pulang Ir Soekarno untuk membahas kemerdekaan, mereka menuju rumah Laksamana Maeda, dia itu panglima angkatan laut jepang, rumahnya di dekat Bapenas Jakarta, naskah Proklamasi itu dibahas dan diputuskan dirumah Laksmana Maeda yang hari ini sudah jadi museum,” jelas Akbar Tanjung.

Lebih lanjut Akbar menjelaskan bahwa HMI didirikan pertama sekali untuk menjaga keutuhan NKRI yang baru 2 tahun merdeka saat itu. Hal inilah yang menjadikan alasan kenapa hingga hari ini kader-kader HMI harus tetap menjaga keutuhan Indonesia.

“HMI didirikan dua tahun setelah kemerdekaan, salah satunya untuk ikut menjaga keutuhan Indonesia. Hingga hari ini HMI harus berada di posisi yang sama, tetap menjaga keutuhan itu,” lanjut pria yang juga pernah menjadi Ketua Umum PB HMI itu.

Tujuan HMI juga menurut Akbar sejalan dengan kehidupan bernegara. “Tujuan HMI tidak bisa dilepaskan dengan kehidupan kita dalam berbangsa dan bernegara,” tutup Akbar.

Advance Training Badko HMI Sumut ini sendiri dilaksanakan sejak tanggal 31 Agustus 2019 yang dibuka langsung Ketua Umum PB HMI Respiratori Saddam Al- Jihad. Berita Medan, Arfah