PMII Pelatihan Kader Dasar, Selama 3 hari di Dairi
PMII Sumatera Utara dan tamu undangan foto bersama peserta

MUDANEWS.COM, Dairi – Salah satu organisasi Cipayung plus, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia atau yang lebih familiar dengan sebutan PMII melaksanakan kegiatan PKD (Pelatihan Kader Dasar) di Kabupaten Dairi. Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula lokasi mesjid Taman Wisata Iman Sitinjo, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara selama tiga hari berturut-turut mulai Jum’at hingga Minggu (23-25/08/2019). Kegiatan kali ini mengangkat tema menciptakan insan pergerakan yang berjiwa CINTA (Cerdas, Ilmiah, Nasionalisme, Tanggungjawab dan Agamis) di era milenial.

Kegiatan PKD tersebut diikuti sejumlah 22 peserta yang bersumber dari mahasiswa/i Dairi, dan yang berhasil lulus sebanyak 16 orang. Hal tersebut disampaikan Ketua Panitia, Saru Kudadiri didampingi Yusril Khoiri kepada wartawan, Senin (26/8/19).

“Sesuai keputusan instruktur berdasarkan AD/ART organisasi maka yang berhasil lulus sejumlah 16 orang,” ujar Kudadiri.

Kamidun Solin, salah seorang alumni PMII menyatakan bahwa PKD merupakan kaderisasi formal tahap lanjutan setelah mengikuti Masa Penerimaan anggota Baru (MAPABA). Disebutkan juga bahwa sebelumnya kegiatan MAPABA telah dilaksanakan sebanyak 2 kali di kabupaten Dairi.

“Dalam tahun ini telah dilaksanakan dua kali MAPABA, pertama pada tanggal 10 Februari 2019 kemudian pada tanggal 13 April 2019,” ujar Solin yang juga menjadi Kepala MIN 1 Dairi.

Kegiatan PKD tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh ketua PKC PMII Sumatera Utara, Azlansyah Hasibuan yang diwakili oleh wakil ketua bidang kaderisasi Ibnu Raash Al Eslami, turut hadir juga Muhammad Tarmizi (ketua PC PMII Deli Serdang), Diris Pulungan (mantan ketua PC PMII Padang Sidempuan), serta 3 orang pengurus PKC PMII Sumut lainnya yang sekaligus bertindak sebagai pemateri dan instruktur.

PMII Pelatihan Kader Dasar, Selama 3 hari di Dairi
Peserta PKD PMII

Salah seorang instruktur, Jevri Sagala didampingi Idrus Maha menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan generasi muda yang religius berakidah ahlussunnah wal jama’ah dalam menghadapi perubahan sosial yang sangat dinamis.

“Berbagai wacana tengah menguji ideologi Pancasila kita, bagi kami Pancasila itu telah sempurna dan menjadi harga mati sebagai dasar negara. Sehingga pemahaman tersebut perlu diedukasi kepada generasi muda, terkhusus lagi kepada para mahasiswa sebagai kaum terpelajar,” ujar mahasiswa pascasarjana USU tersebut.

Sejumlah alumni PMII seperti Kamidun Solin, Fitrianto Berampu, Selamat Bahagia Maha, Jopan Saraan juga diminta untuk memberikan motivasi serta materi kepada peserta PKD.

Alumni lainnya tampak antusias mengawasi jalannya acara seperti Anwar, Ridho Amran, dan lainnya. Kegiatan juga dihadiri berbagai undangan, pengurus GP Ansor Dairi, pimpinan GP Ansor berbagai kecamatan seperti Tigalingga, Sitinjo, Sumbul dan Berampu, juga dihadiri kader Banser Dairi, Turut berpartisipasi juga PC NU Kabupaten Dairi, Muslimat NU Kabupaten Dairi, Fatayat NU serta masyarakat sekitar. Berita Dairi, Safawi