Wujudkan
Abdillah Fahmiza Nasution

MUDANEWS.COM – “Youth Government” merupakan istilah yang digunakan untuk menyebutkan pemerintahan yang dimotori dan digerakkan oleh anak-anak muda. Negara kita yang menganut sistem demokrasi sangat memungkinkan untuk anak-anak muda menjalankan perannya, sebab dalam demokrasi tidak memandang tua maupun muda, semua warga negara memiliki kesempatan yang sama untuk mengisi pemerintahan, anak muda seharusnya berani terlibat langsung dalam kontestasi dan dinamika politik sebab perjalanan bangsa kita juga selalu digerakkan oleh anak-anak muda.

Pergerakan pemuda di Indonesia awalnya dimulai sejak berdirinya organisasi Budi Utomo pada tahun 1908 yang fokus perjuangannya adalah membangun pendidikan, karena ketika itu yang mendapatkan pendidikan hanyalah kaum bangsawan saja, Organisasi Budi Utomo hadir untuk menjawab problematika sosial, ekononomi dan kebudayaan pada saat itu.

Selanjutnya pada tahun 1928 atas dasar semangat persatuan anak-anak muda dari berbagai daerah di nusantara menyatakan sumpah pemuda, sebagai bentuk kepedulian dan kecintaan terhadap NKRI.

Berdasarkan ulasan singkat sejarah perjalanan republik Indonesia tersebut, sudah jelas bahwa sejak dulu wacana “youth government” diinginkan oleh anak-anak muda Indonesia, anak-anak muda pendahulu selalu ambil bagian dalam perjalanan nusantara, hendaknya kita sebagai anak muda milenial yang hidup di zaman dengan akses informasi yang begitu cepat, mudah-mudahan semangatnya tak kalah dengan para pemuda pendahulu kita.

Sedikit bergeser ke kota yang kita cintai dengan segala bentuk keberagaman dan keunikannya Kota Tanjungbalai, lima tahun terakhir sepertinya sudah sangat menerapkan konsep “youth government” seperti kita ketahui bersama bahwa kepala daerah kota yang dikenal dengan sebutan “kota kerang” tersebut adalah walikota termuda di republik indonesia, tentunya pencapaian menjadi walikota adalah suatu prestasi yang harus diapresiasi, tapi apakah dalam kepemimpinan walikota termuda tersebut sudah mewujudkan “youth government” yang sehat ? Apakah kepemimpinannya menghasilkan banyak prestasi ?

Pemerintahan pemuda (Youth Government) selalu kaya akan gagasan dan ide-ide cemerlang untuk menjawab permasalahan yang dihadapi masyarakat, apalagi kota Tanjungbalai yang memiliki daerah relatif kecil namun memiliki segudang permasalahan, tentunya ini menjadi pertanyaan besar, apa yang sudah dilakukan pemimpin muda tersebut ?

Mengingat pada tahun 2020 kota Tanjungbalai adalah salah satu kota yang akan mengikuti PILKADA serentak, kita tak ingin pemimpin yang terpilih bukan karena gagasan dan konsep yang ditawarkan untuk membenahi dan menjawab persoalan-persoalan masyarakat kota Tanjung Balai. Oleh sebab itu “Youth Government” yang sehat harus benar-benar dilakukan di kota tanjung balai, demi menjaga keberlangsungan hidup masyarakat kota.

Oleh : Abdillah Fahmiza Nst (Mahasiswa Pascasarjana UNP)