Marudut Liberty Panjaitan, Layak di Pilkada Siantar
DR Ridho Syahputra Manurung MHum (kanan)

MUDANEWS.COM, Pematangsiantar – Dengan semakin dekatnya tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), makin banyak saja orang yang bermunculan untuk mencalonkan diri menjadi balon bupati/walikota. Pertanyaannya apakah mereka berkeinginan maju karena ada dukungan masyarakat atau karena faktor lain. Kemudian sejauhmana keberhasilan mereka? Jawabannya, lihat dulu berapa besar mereka memiliki popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas.

Hal ini dijelaskan DR Ridho Syahputra Manurung MHum Pengamat Hukum dan Sosial Masyarakat ketika dimintai tanggapan mengenai sosok M Liberty untuk Pilkada Siantar, Jumat (9/8/2019).

Jika saya ditanya mengenai peluang M Liberty dalam Pilkada kedepan beliau memiliki peluang besar untuk dicalonkan dan memenangi Pilkada.

“Beliau itu memiliki potensi dikenal, diterima dan dipilih. Kemudian memiliki modal jaringan nasional pusat, daerah dan tokoh-tokoh masyarakat. Apalagi beliau merupakan putra asli siantar,” ungkapnya.

Maka dari itu, tutur Ridho, wajarlah sosok beliau senantiasa menjadi topik pembicaraan di masyarakat dan harus didukung masyarakat.

“Jika Siantar ingin lebih maju kedepan harus dipimpin orang asli yang benar-benar mengetahui dan memahami budaya asli, sosial masyarakat sehingga dapat mengembangkan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki kota Siantar,” pungkasnya.

Ridho berpendapat masyarakat membutuhkan sosok pemimpin sederhana, berani menjalankan aturan/hukum, dekat dengan masyarakat, mampu memahami kepentingan masyarakat dan putra asli. Sebagaimana selama ini dipimpin oleh putra asli siantar.

“Mendorong gerakan sosial masyarakat untuk bersama sama memberantas narkoba dan sinergitas sesama agama, suku di kota siantar. Putra terbaik siantar akan menjadi pemimpin kedepan jika gerakan sosial masyarakat bergandengan tangan dalam mewujudkannya,” ujarnya.

Namun, kata Ridho, semua ini kita kembalikan kepada beliau apakah gerakan sosial masyarakat yang meminta maju senada dengan hati nurani, cita-cita dan pikiran. Mengingat karier beliau di Kepolisian masih panjang untuk menjadi jenderal polisi. Berita Pematangsiantar, red