Wajah Baru Untuk Asahan 2020
Amrizal, Mahasiswa Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan.

MUDANEWS.COM, Asahan – Pilkada serentak 2020 seluruh Provinsi dan Kabupaten di Indonesia sudah menunggu di depan mata, kita akan disuguhkan wajah-wajah baru di beberapa wilayah Indonesia. Asahan yang juga menjadi peserta Pilkada serentak, tidak menutup kemungkinan akan banyak wajah-wajah baru yang akan muncul terutama anak-anak muda yang memiliki integritas dan memiliki ide-ide yang segar untuk meningkatkan dan memajukan Asahan kedepannya.

Kilas Balik

20 tahun terakahir asahan dipimpin oleh tokoh-tokoh lama dan itu saja. Mulai dari Alm Drs H Risuddin (2000-2010) dan digantikan juga oleh Wakilnya Alm Drs H Taufan Gama Simatupang MAP (2010-2020). Wakil Bupati Asahan H Surya yang juga Plt Bupati Asahan juga berpotensi akan mencalonkan diri dalam Pilkada serentak 2020. Pencapaian-pencapaian dalam periode pemerintahan mereka masih banyak yang belum maksimal salah satunya Pembangunan Insfratuktur dan Pariwisata.

Sejalan dengan Presiden Indonesia pembangunan infrastruktur akan memudahkan suatu daerah meningkatkan potensi yang ada di daerah tersebut. Banyak potensi alam yang bisa dikembangkan untuk menarik wisatawan datang ke Asahan dan harus sejalan dengan pembangunan Infrastrukturnya.

Bendungan si Gura-gura yang juga PLTA sebagai icon Asahan yang dapat sebagai Edukasi dan Destinasi Wisata menarik wisatawan untuk datang juga pemerintahan sekarang belum terlalu fokus terlihat dari pembangunan jalan dan fasilitas lainnya, diharapkan kepemimpinan berikutnya dapat fokus pada program tersebut. Ketika kedua itu terwujud maka bisa menggerakkan ekonomi masyarakat dan pendapatan daerah.

Tokoh Potensial

Banyak tokoh potensial yang bisa mengikuti pilkada serentak 2020, berbagai nama sudah berkembang di masyarakat Asahan. Wakil Bupati Asahan seperti penulis jabarkan di atas kembali akan ikut pilkada.

Ketua DPRD Asahan Benteng Panjaitan, yang sudah lama menjabat DPRD. Selanjutnya ada nama Ilham Sarjana Hasibuan, merupakan Anggota DPRD Terpilih 2019 yang akan dilantik dan juga mantan Aktivis Mahasiwa.

Selain nama-nama di atas Mantan Wagubsu Brigjen (Purn) Hj Nurhajizah Marpaung SH MH juga sudah beredar di kalangan masyarakat berpotensi akan maju Pilkada Asahan.

Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) merilis hasil kajian anatomi daftar caleg sementara (DCS) Pemilu Legislatif 2019. Hasilnya, terdapat 21 persen caleg DPR berusia milenial.

Partisipasi anak muda akan mendominasi pada pilkada serentak kali ini dan perlu wajah muda yang baru yang dapat mengikuti keinginan dan keterwakilan mereka sebagai anak muda agar Asahan keluar dari zona nyaman dan bisa membawa nama Kabupaten Asahan ke Tingkat Nasional seperti Bandung, Surabaya, dan Solo.

Tentunya kita berharap siapapun yang akan terpilih memimpin Asahan dapat bekerja sebaik-sebaiknya untuk kepentingan bersama terutama masyarakat Asahan yang menginginkan perubahan.

Oleh: Amrizal

Mahasiswa Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan