Musda KNPI Sumut 2019, Ikbal Hanafi Hasibuan Diharapkan Maju 
Ikbal Hanafi Hasibuan Sekjen KNPI Sumut diabadikan sewaktu foto bareng dengan Ketua DPD KNPI Labusel.

MUDANEWS.COM, Medan – Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) KNPI usuai digelar di Grand Kanaya Hotel, Medan, Sabtu (03/8/2019) lalu. Samsir Pohan selaku Ketua Panitia Rapimda KNPI Sumut, Dalam wawancaranya kepada awak media mengatakan, Setidaknya ada dua poin yang dibahas didalam rapat tersebut.

Pertama, usulan dari DPD KNPI Kabupaten/Kota se-Sumut tentang pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) DPD KNPI Provinsi Sumut.

“DPD kabupaten/kota KNPI se-Sumut mengusulkan agar Musda digelar di Kota Medan pada September 2019,” ungkap Samsir, Minggu (4/8/2019).

Sementara usulan dari OKP-OKP pemilik suara di KNPI Sumut mengusulkan agar Musda dihelat paling cepat Oktober 2019.

“OKP mengusulkan paling cepat Oktober atau setelah bulan Oktober 2019. Untuk lokasi Musda-nya dikembalikan kepada Pleno KNPI Provinsi Sumut,” ungkap Samsir.

Untuk memutuskan jadwal Musda itu, sambung Samsir, forum memutuskan akan membawa pada Rapat Pleno KNPI Sumut dalam waktu dekat.

“Dalam waktu dekat digelar Pleno untuk memutuskan jadwal dan lokasi Musda,” ujar
Samsir.

Sementara, Ahmad Junaidi Siagian, Direktur Poros Indonesia Baru (PIB) memberikan komentarnya terkait bakal calon Pimpinan KNPI Sumut mendatang. Dirinya mendukung secara moral agar Ikbal Hanafi Hasibuan maju di Musda KNPI Sumut. Hal itu ia ungkapkan berdasarkan rekam jejak serta kesiapan Ikbal Hanafi Hsb sebagai sosok yang ideal untuk memimpin KNPI Sumut tiga tahun mendatang.

Menurutnya, Ikbal Hanafi yang saat ini sebagai Dewan Pengawas di PDAM Tirtanadi, Sekjen KNPI Sumut, Mantan Ketua Sapma PP Sumut, Ketua OKK Pemuda Pancasila Sumatera Utara, dan juga Mantan Aktivis HMI Sumut. Dengan sederet pengalaman dan ketokohannya dikancah organisasi pemuda, Ikbal Hanafi Hsb diharapkan maju dan ikut berkompetisi di Musda KNPI nanti. Junaidi Siagian berasumsi, Jika Ikbal Hanafi Hsb serius dan memang merasa terpanggil untuk membenahi KNPI sebagai wadah pemuda di Sumut, Besar kemungkinan akan didukung oleh DPD KNPI Se-Sumut dan OKP-OKP Pemilik Suara di KNPI.

“Saya meyakini itu, Sebab figur dan sosok ketokohan beliau yang layak untuk didukung di Musda KNPI 2019,” ujar Junaidi Siagian.

Ikbal Hanafi Hsb, saat ini selain aktif di Organisasi Kepemudaan, dirinya juga tercatat sebagai Dosen atau Tenaga Pengajar di Fakultas Syariah & Hukum UIN-SU Medan, serta sedang menyelesaikan program Doktornya di Kampus yang sama, Yaitu UIN-SU. Dengan gelar yang diperolehnya, serta sederet pengalamanya diyakini dan diharapkan mampu membawa KNPI Sumut kearah yang lebih baik kedepannya. Pemuda atau milenial kini sebagai agent perubahan, memiliki beban dan tugas moral cukup berat dimasyarakat, Maka diharapkan supaya pimpinan di Lembaga Kepemudaan saat ini juga mesti dari baground atau latar belakang yang baik dan unggul.

“Selain sudah malang melintang didunia OKP, bang Ikbal itu Akademisi juga, Jadi paket komplit lah beliau itu kalau menurut saya,” tambah Junaidi Siagian.

Berdasarkan pernyataan Ketua KNPI Sumut Sugiat Santoso di Rapimda KNPI, setidaknya ada tiga nama yang diprediksi akan bertarung pada Musda KNPI Sumut 2019.

“Tiga nama itu Samsir Pohan, Ikbal Hanafi Hasibuan dan El Adrian Shah. Ini juga sebagai laporan kepada Pak Wagubsu,” ungkap Sugiat. Berita Medan, red