Sambut Dirgahayu RI ke-74, GP Ansor se Pematangsiantar Gelar Diklat Terpadu Dasar
Flayer

MUDANEWS.COM, Pematangsiantar – Dalam rangka menyambut Dirgahayu Republik Indonesia ke 74 pada 17 Agustus 2019, Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan se Kota Pematangsiantar akan menggelar Diklat Terpadu Dasar (DTD) yang dikoordinir dan di fasilitasi oleh Pimpinan Cabang GP Ansor Pematangsiantar.

Dalam press releasenya, Sabtu (3/8/2019), Arjuna (Ketua PC GP Ansor Pematangsiantar) menyampaikan bahwa peringatan Dirgahayu Republik Indonesia ke 74 Tahun 2019 merupakan momen penting bagi GP Ansor dalam berperan mengisi kemerdekaan. Untuk itu GP Ansor mendukung visi #IndonesiaMaju salah satunya dengan meningkatkan Sumber Daya Manusia Indonesia.

“Mewujudkan #SDMUnggul bagi GP Ansor dilakukan melalui kaderisasi, untuk itu PC GP Ansor Pematangsiantar mendukung sepenuhnya dan siap memfasilitasi kegiatan PAC GP Ansor Kecamatan yang akan melaksanakan kegiatan Diklat Terpadu Dasar pada tanggal 23-25 Agustus 2019,” ucap Arjuna.

Dia menjelaskan, Diklat Terpadu Dasar (DTD) merupakan proses pembentukan kader yang pelaksanaannya digabungkan antara Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) GP Ansor dengan Pendidikan dan Latihan Dasar (DIKLATSAR) Banser. Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD), adalah pendidikan dan pelatihan kader jenjang awal dalam sistem kaderisasi GP Ansor yang dimaksudkan untuk mencetak kader pemimpin organisasi dan masyarakat di tingkatan Pimpinan Ranting atau desa/kelurahan dan Pimpinan Anak Cabang atau kecamatan. Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) adalah jenjang pengkaderan awal di Banser. Lebih lanjut diklatsar juga dimaknai sebagai orientasi formal calon anggota Banser.

“Adapun PAC GP Ansor yang akan menggelar DTD dengan membentuk panitia bersama adalah PAC GP Ansor Kecamatan Siantar Sitalasari, PAC GP Ansor Kecamatan Martoba, PAC GP Ansor Kecamatan Siantar Timur dan PAC GP Ansor Kecamatan Selatan. Selain itu juga akan diikuti peserta dari Kecamatan Siantar Marihat dan Kecamatan Siantar Marimbun,” jelas Arjuna.

Oleh karenanya, seiring degan tema Dirgahayu RI ke 74 Tahun 2019, SDM Unggul Indonesia Maju, melalui Diklat Terpadu Dasar Ansor & Banser diharapkan dapat membentuk kader yang militan-ideologis, berkarakter, berdedikasi dan berintegritas tinggi, memiliki kecakapan mengelola organisasi dan profesional dalam bidang-bidang tertentu. “Selain itu juga membentuk kader yang memiliki kapasitas kepemimpinan gerakan demi meneruskan cita-cita organisasi dan perjuangan para ulama NU,” pungkasnya. Berita Pematangsiantar, red