DPP Joker Indonesia
Dr Agus Susanto SE MA

MUDANEWS, Jakarta – Dita Indah Sari adalah sosok yang tepat untuk memimpin Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) dalam Kabinet Jokowi karena jam terbang dan kapasitasnya didunia ketenagakerjaan, persoalan buruh dan perhatian terhadap pemberdayaan kaum perempuan yang umumnya buruh sudah menjadi konsen ibu Dita sejak dulu mulai dari Orde Baru sampai saat ini.

Hal demikian disampaikan Ketua Umum DPP Joker Indonesia, Dr Agus Susanto SE MA yang juga merupakan salah satu pimpinan Relawan Nasional Jokowi 2014-2019 dalam siaran persnya di Jakarta.

Agus menilai bahwa langkah Ketum DPP PKB Muhaimin Iskandar yang merekomendasi Dita Indah Sari sebagai salah satu Calon Menteri dalam kabinet Jokowi adalah sudah sangat tepat karena kapasitas Bu Dita yang memahami dan menguasai berbagai persoalan ketenagakerjaan cukup mumpuni. “Sudah pas itu kalau bu Dita jadi Menakertrans, itu namanya “the righman on the righ place,” ujar Agus.

Menurut Agus banyak persoalan buruh, ketenaga kerjaan yang belum tuntas saat ini disebabkan kurangnya memahami persoalan mendasar yang dihadapi buruh, baik terkait regulasi, hak-hak normatif, kontrak kerja dan juga kurangnya keberanian pimpinan atau pengambil kebijakan kemenakertrans RI mengurai persoalan dan membuat trobosan-trobosan yang berpihak kepada kepentingan buruh dan juga mampu memproteksi dunia industri dari pungli dan beban yang membuat industri memakan biaya produksinya dari post gaji buruh.

“Pungli dan regulasi yang membenahi industri dan buruh di Indonesia harus segera di berantas, kami yakin bu Dita mampu memainkan peran itu,” tegas Agus yang baru menyelesaikan studi Doktor di Palembang.

Dari berbagai nama yang muncul kami menilai hanya sosok Bu Dita Indah Sari yang memiliki kapasitas yang komplek dan paripurna untuk posisi Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi selain memang aktivis buruh, pernah di KemenakerTrans dan saat ini sebagai Staf Khusus Kemendes RI merupakan pengalaman dan ilmu yang komprehensif guna diaplikasikan pada posisi Menaker tersebut.

“Kami meminta pak Jokowi untuk memprioritaskan bu Dita pada posisi Kabinet Kerja yang baru nanti demi penataan dan pembenahan sektor tenaga kerja saat ini yang menghadapi tantangan yang lebih kompleks, bu Dita kami yakin mampu menghadapinya dan memberi solusi,” tandas Agus yang juga pernah sebagai Tenaga Ahli Komisi D Bidang Pembangunan di DPRD SU 2019 lalu. Berita Jakarta, MN