Demo HMI
Massa aksi diterima anggota DPRD Langkat

MUDANEWS.COM, Langkat – Demonstrasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Langkat menggelar jalan kaki atau long march dari simpang bupati menuju Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Langkat, Jumat (31/5/2019).

Berikut pernyataan sikap HMI Cabang Langkat dalam menyikapi Isu Nasional pada 21-22 Mei 2019 di Jakarta diantaranya:

1. Meminta kepada Polri untuk mengusut tuntas pelaku tindakan represif pada saat pengamanan aksi 21-22 Mei 2019 yang menelan korban 8 orang, serta ratusan orang yang terluka.

2. Meminta polri untuk mengusut tuntas pelaku provokator dalam aksi 21-22 Mei 2019 bukan hanya menangkap pelaku tetapi juga mengumumkan dimedia sosial siapa dalang dalan kerusuhan tersebut, dan di tindak lanjuti sesuai dengan hukum yang berlaku.

3. Menuntut Kapolri serta pihak-pihak yang bertanggung jawab turun dari jabatanya apabila terbukti melakukan tindakan terstruktur dan terorganisir melakukan pembungkaman Demokrasi dan tindakan tindakan melanggar hukum hingga jatuhnya korban Jiwa pada tanggal 21-22 Mei 2019.

4. Meminta Polri, TNI, ASN agar menjaga ketertiban dalam mengamankan masyarakat dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila.

5. Meminta DPRD Kabupaten langkat untuk mendesak DPR RI membentuk TIM Gabungan pencari Fakta (TGPF) aksi 21-22 Mei 2019.

6. Meminta kepada DPRD Kabupaten Langkat untuk kembali mengkroscek Perseroan Terbatas (PT) yang menyebabkan timbulnya ketidak nyamanan Masyarakat Langkat terkhusus yang berdomisili di lingkungan PT.

Ketua Umum HMI Cabang Langkat Fahrizal menyampaikan kepada kepolisian dan DPRD untuk melakukan tuntutan yang diberikan HMI Cabang Langkat.

Demo HMI
Ketum HMI Cabang Langkat bertemu dengan anggota DPRD

“Dan meminta aksi nyata dan bukan hanya cakap-cakap pak DPRD dan pihak kepolisian,” tegasnya.

Selain itu, Ketua Umum HMI Kom Fakultas Tarbiyah M Indra Sahputra menyampaikan, hari ini kepercayaan masyarakat terhadap pihak kepolisian dalam mengamankan negara sudah luntur terkait kejadian pada tanggal 21-21 Mei di Jakarta.

“Kepada pihak kepolisian untuk membangun kembali citra kepolisan sebagai keamanan negara yang dipercayai penuh oleh masyarakat,” desaknya.

Demo HMI
Massa aksi membawa poster kecaman

Dalam aksi HMI tersebut, di kantor DPRD diterima komisi A, Syamsul Bahri dan Reza Kaban selaku DPRD kabupaten Langkat.

Walhasil, DPRD Syamsul Bahri dan pihak kepolisian pun menanggapi tentang hal hal yang disampaikan HMI cabang langkat terkait persoalan tuntan tragedi nasional dan isu isu deerah kabupaten langkat. Berita Langkat, MN