KA Prodi
Tampak pembekalan mahasiswa

MUDANEWS.COM, Medan – Ketua Prodi (KA) Pemikiran Politik Islam (PPI) Fakultas Ilmu Ushuluddin dan Studi Islam (FUSI) UINSU Medan, bekali mahasiswa untuk memantau PEMILU 2019 di Kampus Jalan Williem Iskandar Medan, Selasa (16/4/2019).

Dalam pembekalan tersebut, KA Prodi PPI, Muhammad Aswin MAp menyampaikan dihadapan mahasiswa, Pemilu sangat penting untuk masa depan bangsa dan mekanisme PEMILU menjadi sebuah keharusan dalam berdemokrasi, karena sangat penting maka penggunaan hak dalam pemilu tidak hanya sebatas hak tetapi bisa menjadi sebuah kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga negara.

“Apalagi rata-rata usia pemuda dan mahasiswa saat ini memiliki jumlah pemilih yang signifikan dalam menentukan terpilihnya Presiden dan Wakil Presiden diperkirakan berjumlah sekitar 140jt, jumlah ini jelas menentukan keterpilihan presiden dan legislator yang secara otomatis turut menetukan arah dan masa depan bangsa,” sebutnya.

Disamping itu, Aswin yang dikenal pemerhati pemilu dan demokrasi ini mengatakan kepada mahasiswa bahwa anda bukan pemilih biasa-biasa tetapi pemilih yang sekaligus pemantau dalam bentuk turut berpartisipasi lewat pemantauan.

“Mahasiswa dapat memberi pengaruh positif dalam pesta demokrasi ini, paling tidak mampu mengeliminir dan mempersempit tindak pelangggaran,” harap Aswin yang juga Mantan Ketua Panwaslu Medan 2009-2011 yang sekarang dosen UINSU itu.

Selain itu, Pemantauan ini juga sekaligus menjadi kontrol terhadap perhitungan rekapitulasi suara maka mahasiswa diberi tugas memantau 5 TPS dilingkungan masing-masing secara langsung kelapangan. Tugas pemantauan ini bertujuan semata-mata memupuk partisipasi mahasiswa FUSI UINSU, memberi laporan sebagai tugas perkuliahan maka mahasiswa diminta memberi laporan hasil rekapitulasi suara di 5 TPS pantauannya lewat email dan whatsapp yang sudah diberikan sebelum pukul 15.00 WIB atau setelah selesainya perhitungan Suara di TPS.

“Menerjunkan relawan mahasiswa FUSI UINSU berjumlah lebih kurang 100 orang dan bila dikalikan dengan 5 TPS pantauannya maka akan terpantau hasil rekapitulasi di 500 TPS,” tandas Aswin  kepada MUDANEWS.COM. Berita Medan, Cokro