Ketua ISNU Sumut
Dr Nispul Khoiri MAg

MUDANEWS.COM, Medan – Dr Nispul Khoiri MAg, selaku Ketua Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama Sumatera Utara (ISNU Sumut) menilai gebrakan yang telah dilakukan Irjen Pol Agus Andriyanto dalam penegakan hukum di Sumut pantas di apresiasi. Beliau tegas, berani, agamis, santun, sederhana, sosial, dan pengayom sehingga membuat dia dekat dengan masyarakat dan disenangi oleh masyarakat. Sosok seperti ini sangat dibutuhkan bagi daerah ini.

“Terlebih Sumut sebagai masyarakat pluralis tediri dari berbilang kaum, suku, agama, ras, dan antar kelompok. Dimana masyarakat yang beragam/majemuk dapat menciptakan potensi integrasi sekaligus pula potensi konflik. Jika dikelola dengan baik kemajemukan Sumut akan menjadi kekuatan daerah. Sebaliknya jika tidak dikelola dengan baik cukup rentan dengan konflik sosial, sehingga menjadi potensi perpecahan dan akan mengganggu keutuhan NKRI,” ujarnya kepada MUDANEWS.COM, Sabtu (3/3/2019).

Menurut Nispul Khoiri, kondisi ini sangat membutuhkan sosok Kapolda dengan sentuhan humanis, tegas dan bijaksana disamping dekat dengan masyarakat. Sikap seperti ini cukup dimiliki Irjen Pol Agus Andriyanto. Selaku masyarakat Sumut, kita harus berbangga bahwa hukum benar–benar diletakkan oleh Kapolda sebagai panglima. Segala bentuk yang dapat mengganggu stabilitas keamanan daerah dan negara menjadi bagian keseriusan beliau.

Dia menambahkan, Paling tidak penindakan tegas terhadap gerakan radikal yang ingin membubarkan acara Harlah NU dan pengajian Akbar di Tebing Tinggi, menjadi contoh nyata ketegasan Kapolda. Jika dilakukan pembiaran tanpa ada penindakan tegas, kejadian ini tidak tertutup kemungkinan akan terulang sehingga dapat menimbulkan potensi konflik antar Ormas dan lainnya.

ISNU Sumut meminta kepada Kapolda untuk mengusut secara tutas dan setuntas – tuntasnya secara hukum terhadap kasus ini. Segala bentuk yang dapat mengganggu stabilitas persatuan dan kesatuan bangsa harus dicegah secara dini, karena menjaga keutuhan NKRI menjadi harga mati. NKRI akan semakin kuat jika dibingkai dengan persatuan dan kesatuan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara.

“ISNU mengajak berbagai komponen masyarakat Sumut, untuk mendukung penuh segala sikap dan tindakan tegas dilakukan oleh Kapolda untuk menjaga keamanan dan kondusifitas Sumut. Karena itu tidak ada alasan apapun untuk tidak mempertahankan Irjen Pol Agus Andriyanto sebagai Kapolda Sumut. Sosok ketegasannya sangat dibutuhkan,” tandasnya. Berita Medan, MN