H Rusdi Lubis Motivasi Peserta
H Rusdi Lubis, SH, MMA, diabadikan bersama peserta seusai memberikan materi Problem Solving LK 1 HMI Koms Persiapan STAI Panca Budi Perdagangan, Kamis (27/12/2018).

MUDANEWS.COM, Perdagangan – Dalam kesempatan itu, H Rusdi Lubis mengatakan bahwa jika kita melihat keadaan dari semenjak dulu hingga sekarang, tidak ada manusia yang tidak pernah dihadapkan dengan problem atau tantangan.

Maka dalam hidup ini penuh perjuangan, namun harus hidup dengan penuh kesabaran. Dan H Rusdi menyebutkan bahwa problem dalam hidup sangat banyak. Baik itu problem pribadi dan segala problem lainnya.

Dan dengan berbagai macam problem yang datang, tidaklah bisa dilawan dengan emosional. Karena akan berdampak pada kesehatan.

Dan sebagai contoh, jika dengan problem sosial berdampak pada interaksi individu di masyarakat atau problem ketatanegaraan, atau segala macam problem yang muncul, hanya dapat diselesaikan dengan jalan yang arif dan bijaksana.

Sementara, H Rusdi menekankan, melalui problem solving, masalah ditemukan dengan berbagai problem permasalahan, karena sesungguhnya masalah itu banyak.

“Segala persoalan, pastinya datang dari diri kita sendiri atau orang lain. Sehingga dalam menyelesaikan masalah, harua dilihat resikonya. Maka harus ada alternatif dalam pemecahan masalah. Kemudian diiringi dengan solusi, kesimpulan dan dampak. Intinya masalah harus dapat diselesaikan dengan arif dan bijaksana, jangan sampai menimbulkan hal-hal yang negatif. Dan buat kalian, belum saatnya menyelesaikan masalah dengan masalah,” ujar H Rusdi.

Dan H Rusdi Lubis terus mengingatkan agar terus berjuang di dunia Allah ini. Karena kehadiran kita di muka bumi sejak dilahirkan, juga dengan proses perjuangan, namun disertai bantuan para medis atau dukun beranak di kampung-kampung.

“Maka mutlak, dalam berjuang harus dibantu orang lain. Omong kosong berjuang tanpa bantuan orang lain. Dan Allah juga menciptakan manusia sebagai makhluk sosial. Sehingga semangat untuk sukses dalam perjuangan adalah kekuatan kita menjalin perpaduan hablum minallah dan hablum minan nash berjalan sinergis penuh kemesraan,” ujar H Rusdi Lubis.

Dalam kesempatan menyampaikan materi yang secara garis besar diterangkan di atas, juga peserta diberikan panduan makalah yang disiapkan oleh H Rusdi Lubis.

Diakhir sesi materi, seluruh peserta diabadikan dalam foto bersama dengan H Rusdi Lubis. Berita Perdagangan, Lana