PB HMI
Pengurus PB HMI SAAT Pleno 1 di Lampung

MUDANEWS.COM, Lampung – Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) telah menetapkan usulan rekomendasi terkait kandidat Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Keputusan ini dibuat dalam sidang Pleno 1 di Bandar Lampung yang digelar pada 21-24 November 2018.

“Dalam pleno ini, membahas tentang rekomendasi eksternal, salah satunya tentang keterlibatan PB HMI pada kongres KNPI bulan depan. PB HMI akan memprioritaskan kandidat KNPI yang berasal dari kader HMI, dengan syarat memprioritaskan mantan Ketua Umum sebagai kandidat KNPI di tiap jenjang organisasi pemuda ini,” kata Ketua Bidang Perguruan Tinggi, Kemahasiswaan dan Pemuda (PTKP), Heru Slana Muslim.

Keputusan Pleno juga menyebutkan bahwa PB HMI hanya mengakui kepengurusan DPP KNPI di bawah kepemimpinan Rifai Darus sebagai Ketua Umum dan Sirajuddin Wahab sebagai Sekretaris Jenderal. Adapun rekomendasi kriteria kandidat Ketua umum DPP KNPI hasil pleno 1 adalah, pertama: pernah menjadi pengurus PB HMI untuk KNPI Pusat, kedua: pernah menjadi pengurus Badko/Cabang untuk KNPI tingkat provinsi/Kabupaten atau kota.Ketiga, diprioritaskan mantan ketua umum di tingkatan HMI.

“Artinya PB HMI kemungkinan besar akan mendukung Kanda Noer Fajrieansyah sebagai kandidat DPP KNPI sebab beliau adalah mantan Ketua Umum PB HMI, saya pribadi juga akan menggalang dukungan dan Komunikasi secara intensif dengan OKP-OKP Cipayung Plus demi kemenangan beliau,” ujar Heru.

Ketua Umum PB HMI, R. Saddam Al Jihad menyatakan prosesi pleno 1 berjalan lancar dan evaluasi semester satu ini sebagian besar telah menunaikan amanah kongres HMI ke XXX di Ambon. Dan pleno kali ini menitipkan sejumlah rekomendasi baru yang wajib ditunaikan dalam kepengurusan.

”Allhamdulillah, hampir seluruhnya rekomendasi kongres Ambon bisa diselesaikan dalam satu semester kepengurusan saja,” ujar Saddam.

Kegiatan pleno 1 bertujuan mengevaluasi kinerja satu semester kepengurusan. Dihadiri seluruh pengurus PB HMI, perwakilan Badan Koordinasi (Badko) seluruh Indonesia, dan juga Majelis Pengawas dan Konsultasi (MPK) PB HMI. Acara ini digelar di Gedung Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Lampung. Berita Lampung, MN