Jelang Pilkada 2018
Foto: Shohibul Anshor Siregar pengamat politik Sumatera Utara. (ist)

MUDANEWS.COM, Padang Sidempuan – Meski berstatus sebagai putra Bupati Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Bachrum Harahap bukan berarti Andar Amin Harahap dengan gampang memenangkan pertarungan dalam Pilkada 2018 mendatang. Pasalnya dari track-record yang ada, kerabat dari pemimpin 2 periode banyak yang gagal.

Hal itu diungkapkan pengamat politik Sumatera Utara, Shohibul Anshor Siregar kepada wartawan, Rabu (26/7/2017). Dikatakannya, kejadian sebelumnya pernah terjadi di Kabupaten Langkat, Asahan dan Labuhan Batu. Dimana kala itu, kerabat bupati yang menjabat selama 2 periode gagal memenangkan pesta demokrasi.

“Seharusnya, keduanya perlu menarik pelajaran dari daerah lain saat seorang penguasa dua periode ingin menjagokan putera mahkota. Catatannya banyak yang gagal. Seperti kejadian Syamsul yang gagal menempatkan Asrin Naim di Langkat. Kemudian, mantan Bupati Asahan gagal juga menempatkan orangnya. Dan yang terakhir di Labuhan Batu,” ungkapnya.

Kemudian, dosen FISIP UMSU ini mengatakan, ikutnya lelaki yang menjabat sebagai Walikota Padang Sidempuan tersebut dalam pencalonan Bupati Paluta dinilai bukanlah hasil keputusannya sendiri. Pasalnya, sosok orang tuanya, Bachrum mempunyai pengaruh yang sangat besar di Kabupaten Paluta.

“Kalau saya lihat, jika nanti terbukti dia akan maju Pilkada Paluta itu bukanlah hasil keputusan secara pribadi. Karena, pengaruh ayahnya tentu masih sangat besar disana,” ungkapnya.

Disisi lain, Shohibul mengatakan, tidak ikutnya Andar dalam Pilkada Kota Padang Sidempuan yang dilakukan secara bersamaan membuktikan dirinya sadar telah gagal memimpin Kota Padang Sidempuan selama satu periode. Karena itu, Andar yang merasa ketakutan kalau ketahanannya  akan bertekuk lutut di tangan penantang memilih bertarung dalam Pilkada Paluta.

“Kita lihat sendiri, selama dia memimpin sebagai Padang Sidempuan minim prestasi. Alhasil, diapun merasa waswas kepetahanaannya akan bertekuk lutut di tangan penantang. Makanya, terakhir dia pun milih bertarung dalam Pilkada Paluta,” pungkasnya.

Sekedar mengingatkan, beberapa waktu lalu, Dewan Pimpinan Daerah tingkat II Partai Golongan Karya (DPD II Partai Golkar) Kabupaten Paluta secara resmi menyatakan akan mengusung Andar Amin Harahap sebagai calon Bupati Paluta. Keputusan tersebut diambil berdasarkan rapat pleno DPD II Partai Golkar Paluta Rapat Pleno dengan tema “Golkar Bangkit, Golkar jaya, Golkar menang” berlangsung di Aula Hotel Mitra Indah Gunung Tua, Kecamatan Padang Bolak. Berita Padang Sidempuan, Indra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here