Serukan Perempuan Berpolitik Dengan Semangat R.A Katini

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Oleh: Ilham.S
MudaNews.com – Hari kartini merupakan hari yang di peringati bertepatan dengan hari kelahiran Pahlawan Kemerdekaan Nasional Raden Ayu Kartini (RA Kartini) pada tanggal 21 April setiap tahun sejak tahun 1964 oleh seluruh bangsa Indonesia.

Tujuan peringatan hari kartini adalah untuk menghormati dan melanjutkan perjuangan RA Kartini untuk mewujudkan kesetaraan kesempatan antara laki-laki dan perempuan di era modern yang secara khusus terutama dalam bidang pendidikan dan secara umum kesetaraan gender di semua bidang.

Perayaan ini seyogyanya mengandung makna mendalam mengenai emansipasi perempuan dan meningkatkan seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk terus konsisten memperjuangkan keadilan gender bagi perempuan.

Setiap perempuan di Indonesia seharusnya mampu merasakan spirit dan semangat perjuangan yang di contohkan R.A Kartini. Sama halnya yang dirasakan oleh perempuan hebat seperti Anita Ananda yang menjadikan momentum peringatan hari Kartini sebagai semangat perjuangan perempuan dalam segala bidang untuk pembangunan.

Sebagai pengusaha muda Anita Ananda juga memutuskan untuk terjun kedunia politik dengan bergabung di salah satu partai besar yaitu Partai Perindo. Keputusan itu bukanlah untuk menambah jumlah kepengurusan dalam partai tersebut, bukan juga untuk menyayingi kaum adam (red. Laki-laki) dalam berpolitik, melainkan untuk memperjuangkan hak-hak perempuan melalui jalur politik.

Negara sudah memberikan kesempatan bagi perempuan melalui UU No. 8 Tahun 2012 tentang Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD dengan kuota 30 persen keterwakilan perempuan. Oleh karenanya kesempatan yang besar sudah diberikan kepada perempuan untuk menentukan masa depan mereka sendiri dengan memperjuangkan hak-haknya melalui jalur politik.

Anita Ananda juga mengajak setiap perempuan harus menjadikan hari Kartini sebagai suatu semangat dan kekuatan agar menjadi perempuan yang kokoh, kuat dan berpendidikan. Karena bangsa ini akan menjadi besar jika dilahirkan dari rahim perempuan yang hebat sehebat R.A Kartini.[rd]

- Advertisement -

Berita Terkini