KPU Batubara Launching Rumah Pintar Pemilu

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
Laporan: Erwin
MUDANews.com, Batubara (Sumut) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Batu Bara melaksanakan Lounching Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang dilaksanakan dihalaman Kantor KPU kabupaten Batu Bara, Jl Perintis Kemerdekaan No.63 Lima Puluh kota. Jumat (31/3/2017).

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut,  Bupati Batu Bara H Ok Arya Zulkarnain, Perwakilan KPU Provinsi Sumatera Utara Yushasni, dan sejumlah KPU Kabupaten Kota di sumut diantaranya, Ketua KPU Tanjung Balai Amrizal SE, Ketua KPU Kabupaten Asahan Darwis Sianipar, Perwakilan KPU Simalungun Rahmadhani, Muspida Plus, sejumlah perwakilan Partai Politik dan para pelajar yang ada di Batu Bara.

Ketua KPU Batu Bara Muksin Kalid, SE dalam sambutannya menyampaikan agar dengan adanya Rumah  Pintar Pemilu (RPP), diharapkan para pemilu di Kabupaten Batu Bara dapat lebih bijak menggunakan hak pilihnya, dan dapat memanfaatkan rumah pintar ini, menjadi sarana pencerdasan dan pembelajaran berdemokrasi dengan baik.

Ia mengatakan, Rumah Pintar Pemilu merupakan bagian dari upaya KPU dalam melakukan pendidikan pemilih kepada masyarakat. Rumah Pintar Pemilu (RPP) merupakan Program Nasional yang diwajibkan oleh KPU RI kepada seluruh KPU di Indonesia.

“RPP berfungsi untuk menginformasikan sejarah Pemilu di Kabupaten Batu Bara, serta eksistensi KPU, dan menginformasikan berkaitan dengan pemilih,” katanya.

Ia menyebutkan, terdapat sejumlah ruangan di Rumah Pintar Pemilu diantaranya, ruang simulasi, ruang display (pameran) perangkat pemilu berkaitan dengan data statistik, dan studio mini untuk pemutaran film serta diorama TPS.

Sasaran Rumah Pintar Pemilu adalah memberikan pendidikan pemilu kepada pemilih (pelajar SLTA dan umum) dan pra pemilih (pelajar dari SD hingga SMP).

“Targetnya, diharapkan mereka memiliki pemahaman bisa menyelenggarakan pemilu,” katanya.

Sementara itu, Bupati Batubara dalam sambutannya menyampaikan dengan adanya RPP ini, diharapkan partisipasi Politik di Kabupaten Batu Bara semakin meningkat, khususnya pada Pemilih Pemula dimana jumlah pemilih pemula di Kabupaten Batubar cukup banyak.

“Tentunya dengan tujuan utama yang sama, yaitu memberikan edukasi kepada masyarakat terkait seluk-beluk pemilu di Kabupaten Batu Bara,” ujar Ok

pantauan mudanews.com dilokasi diakhir rangkaian kegiatan ditandai dengan pemotongan vita yang dilakukan Bupati Batu Bara Ok Arya Zulkarnain SH, MM, sekaligus memasuki ruangan demi ruangan Rumah Pintar Pemilu. [rd]

- Advertisement -

Berita Terkini