Komisioner KPU Pematangsiantar Saat Mengunjungi Wakil Walikota

Laporan: Deva

MUDANews.com, Siantar (Sumut) – Dalam waktu dekat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pematangsiantar segera melaunching Rumah Pintar Pemilu (RPP). Rencana ini disampaikan Komisioner KPU saat mengunjungi Wakil Walikota yang didampingi Plt Sekda, Ir Reinward Simanjuntak dan Plt Kabag Humas Jalatua Hasugian.

Di mana Komisoner KPU Pematangsiantar dipimpin Ketua, Mangasi Purba, didampingi Sekretaris KPU Hermanto Panjaitan bersama tiga orang anggota lainnya, Amril Zein, Batara Manurung, dan Jakfar Saragih di Kantor Walikota, Senin (20/3/2017)

Hefriansyah pun mengapresiasi adanya RPP ini, nantinya diharapkan para siswa calon pemilih pemula mau pun masyarakat umum serta kader-kader muda partai politik bisa belajar langsung tentang teknis Pemilu atau Pilkada dari Komisioner KPU.

“Kota Pematangsiantar sempat menjadi perhatian nasional akibat penundaan Pilkada yang hampir setahun serta masalah-masalah teknis Pilkada lainnya. Kami tentunya sangat mengapresiasi rencana KPU untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat tentang Pemilu melalui Rumah Pintar Pemilu ini,” kata Hefriansyah

Ketua KPU Mangasi membeberkan, direncanakan, RPP ini bisa segera dilaunching pada hari Kamis sore, 23 Maret 2017 mendatang. Dengan harapan agar langsung bisa digunakan oleh masyarakat, sekaligus pencerahan tentang demokrasi di Kota Pematangsiantar.

“Dengan adanya Rumah Pintar Pemilu ini, KPU juga akan menggandeng Dinas Pendidikan untuk bisa memberikan pemahaman kepada siswa tentang teknis-teknis Pemilu. Kita membuka ruang seluas-luasnya kepada masyarakat dalam rangka membangun proses demokrasi yang semakin baik,”ujar Mangasi Purba.

Komisioner KPU lainnya, Batara Manurung menambahkan, RPP ini juga sekaligus persiapan KPU menjelang Pemilu Legislatif 2019 yang akan dirangkaikan dengan Pemilu Presiden.

“Karena baru pertama kali digelar Pileg dengan Pilpres sekaligus, tentu masyarakat harus diberikan pemahaman tentang hal tersebut. Kita juga mengharapkan kerjasama dengan partai politik dalam mensosialisasikan pemahaman tentang Pemilu ini kepada masyarakat,” ujarnya.