Hefriansyah: Musrenbang Bukan Seremoni Tahunan, SKPD Diminta Perbaiki Kinerja

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Laporan: Deva

MUDANews.com, Siantar (Sumut) – Pelaksana Harian (Plh) Walikota Pematangsiantar, Hefriansyah, secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Tahun 2017, yang ditandai dengan pemukukan gong, Kamis (16/3) di Sapadia Hotel Jalan Diponegoro, Pematangsiantar.

Kegiatan yang juga dihadiri Gubernur Sumatera Utara yang diwakili Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, Ir.Dahler Lubis ini, dimaksudkan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2018.

Dalam sambutannya, Hefriansyah Pelaksana Harian (Plh) Walikota mengharapkan seluruh pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) benar-benar memanfaatkan momen ini guna merencanakan program kerja dan kegiatan tahun 2018 yang lebih pro rakyat.

Secara khusus, Plh Walikota juga mengharapkan adanya perhatian khusus dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) agar memberikan peningkatan alokasi anggaran pembangunan ke Pematangsiantar, baik dari APBD Provsu maupun APBN melalui dana dekonsentrasi dan sumber dana lainnya.

“Kegiatan ini jangan hanya dijadikan seremonial tahunan belaka, tetapi harus menjadi wadah untuk membahas serta merencanakan berbagai program prioritas yang benar-benar bisa dikerjakan tahun 2018. Karena itu saya minta seluruh SKPD untuk mengikuti kegiatan ini semaksimal mungkin sampai selesai. Masukan-masukan dari seluruh stake holder harus jadi pertimbangan kita untuk merencanakan pembangunan ke depan. Karena, apapun pembangunan yang kita kerjakan, harus berdampak kepada masyarakat,” katanya.

Dalam laporannya, Plt.Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda), Acai Tagor Sijabat mengatakan, Musrenbang ini merupakan lanjutan dari Musrenbang Kelurahan yang diikuti 3.127 peserta serta Musrembang Kecamatan yang diikuti 791 peserta, yang digelar selama Januari-Februari 2017 lalu, serta hasil Forum SKPD.

“Musrenbang tingkat kota ini kita harapkan dapat menyelaraskan sasaran prioritas pembangunan daerah dengan arah kebijakan dan sasaran pembangunan tingkat provinsi maupun nasional,” katanya.

Sebagai narasumber pada Musrenbang kali ini di antaranya Kepala Bappeda Pemprovsu, Ir. Irman yang memaparkan tentang Arah Kebijakan Pembangunan Provinsi Sumatera Utara Tahun 2018, serta Kepala Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar, Elly Tjan, yang memaparkan tentang Prospek Perekonomian Kota Pematangsiantar.

Peserta Musrenbang dihadiri Pemko dan DPRD Pematangsiantar, para unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Delegasi Kecamatan, Perwakilan Perbankan, Instansi Vertikal, BUMN/BUMD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Wirausahawan, Organisasi Profesi, Organisasi Pemuda, Akademisi, LSM.[jo]

- Advertisement -

Berita Terkini