Amien Rais: Kedaulatan dan Keadilan Sosial Sangat Penting bagi Politik Nasional

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANews.com, Ambon – Tokoh Bangsa yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 1995-2000 Amien Rais mengatakan bahwa kedudukan kedaulatan dan keadilan sosial sangat penting dalam stabilitas politik.

Hal ini disampaikannya dalam Seminar Tanwir Muhammadiyah bertema ‘Kedaulatan dan Keadilan Sosial dalam Mewujudkan Indonesia Berkemajuan’ di Islamic Center Ambon, Sabtu (25/2).

“Untuk menyeimbangkan politik dalam mewujudkan kedaulatan dan keadilan sosial, maka politik harus didudukan sesuai dengan porsinya,” kata Amien Rais

Dalam kesempatan itu, Amien Rais mengingatkan Muhammadiyah untuk tidak terlepas dari politik. Sebab jika terlepas, menurutnya, gerakan dakwah Muhammadiyah akan terancam.

“Jangan sampai Muhammadiyah lepas dari politik, yang dapat mengancam gerak dakwah Muhammadiyah nantinya,” imbau Amien.

Namun, Amien juga berpesan agar Muhammadiyah tidak sekedar menjunjung orientasi kekuasaan dalam berpolitik, namun lebih kepada tanggung jawab yang besar dalam berperan di dunia politik.

“Jangan haus akan kekuasaan politik semata, karena dalam politik tanggung jawab yang besar lebih diutamakan,” tegas Amien.

Sedangkan untuk keadilan sosial di Indonesia, Amien mengatakan bahwa persebaran kekuasaan dan kekayaan di Indonesia masih belum merata.

“Bagaimana keadilan sosial dapat terwujud, jika yang menguasai hanya sebagian orang saja,” tandas Amien.[am]

- Advertisement -

Berita Terkini