Tol Medan – Berastagi Akan Mendukung Mega Proyek Kawasan Danau Toba

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Laporan:Arkhan AL

MUDANews.com, Karo (Sumut) – Untuk mendukung pembangunan mega proyek kawasan pariwisata Danau Toba berkelas dunia, jalan tembus Kabupaten Karo – Langkat sangat mendesak untuk direalisasikan. Dengan dibukanya jalur tersebut akan menciptakan alternatif paket wisata suka alam dan suaka fauna guna mendukung pengembangan kawasan Danau Toba.

Pemerintah provinsi Sumatera Utara perlu mendesak pemerintah pusat untuk memprioritaskan, peningkatan Jalan Medan-Berastagi, tol Medan – Berastagi, peningkatan jalan tembus Karo – Langkat, pembangunan jalan propinsi Tanjungmorawa-Saribudolok-Tongging (Rawasering). Peningkatan jalan tembus Kabupaten Karo –  Langkat, otomatis akan mendukung program unggulan pemerintah pusat dalam hal peningkatan pembangunan kawasan Danau Toba.

Demikian paparan akademisi USU, Dr Ir Budi Derita Sinulingga yang juga Ketua Ikatakan Cendikiawan Karo (ICK) Sumatera Utara, Selasa (7/2) di gedung DPRD SU saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi D DPRDSU dengan Bupati Karo, Langkat, Binjai dan Pakpak Barat.

“Secara blue print oleh Pemerintah Pusat, pengembangan kawasan pariwisata di Sumut adalah Danau Toba dan Tangkahan Langkat, oleh karena itu pengembangan jalan alternatif atau jalan evakuasi pengungsi Sinabung jalan tembus Karo -Langkat harus segera direalisasikan,” ujar Budi D Sinulingga.

Bahkan jalan tembus Karo – Langkat, sambung Budi D Sinulingga, sangat mendukung program pemerintah pusat dalam hal pembangunan pariwisata dan juga dalam hal kemanusian sebagai jalur evakuasi. “Untuk memperkuat desakan ini, perlu juga pengusulan kesepakatan sebagai prioritas bersama antar kepala daerah dan didukung langsung Gubernur Sumatera Utara serta Badan Otorita Danau Toba (BODT),” jelasnya.

Ketua Komisi D DPRD SU, Syah Afandin didampingi Drs Baskami Ginting Wakil Ketua komisi D dan anggota Leonard Surungan Samosir, Jubel Tambunan SE, Donal Lumban Batu SE, Darwin Lubis, Burhanuddin Siregar mengatakan Komisi D DPRD SU siap mendukung sepenuhnya peningkatan jalan tembus Karo – Langkat, peningkatan jalan Medan-Berastagi, tol Medan – Berastagi, dan pembangunan jalan propinsi Tanjungmorawa-Saribudolok-Tongging (Rawasering).

Peningkatan jalan tembus Kutarayat (Kabupaten Karo) – Telagah (Langkat) sudah beberapa kali ditampung anggarannya di APBD SU, namun sayang tidak terealisasi akibat terganjal izin dari Kemenhut RI menyangkut 4 km yang masuk kawasan TNGL di wilayah Kabupaten Langkat. “Mungkin dibutuhkan suatu ‘langkah gila’ guna menggebrak Pemerintah Pusat sebagai percepatan,” tegasnya.

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH mengatakan bahwa guna suksesi program yang sangat mendesak ini, maka semua pihak juga harus bersatu guna mendukungnya karena sebenarnya jalan ini sudah ada / sudah ada eksisting antara Kabupaten Karo-Langkat.

Sewaktu erupsi Sinabung, jalan tembus Karo – Langkat sangat efektif dan membantu menyelamatkan ribuan warga Karo yang saat itu mengungsi ke desa Telagah Kabupaten Langkat.

Bupati Terkelin Brahmana dalam kesempatan itu juga menyerahkan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) (MoU)  antara Pemkab Karo dengan Pemkab Langkat kepada pimpinan rapat Drs Baskami Ginting, terkait jalan tembus tersebut untuk kemudian selanjutnya beserta Gubernur Sumatera Utara memperjuangkan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI di Jakarta.

Menyikapi hal itu, Baskami Ginting mengatakan bahwasanya program ini sebenarnya juga harus didukung penuh oleh para kepala daerah lain yang secara langsung juga menggunakan Jalan Letjen Jamin Ginting, Medan – Tanah Karo.

Drs Baskami Ginting juga menyampaikan kesimpulan rapat yang dirangkum dalam beberapa poin, diantaranya, DPRD SU akan berkordinasi dengan bina marga Sumut, Balai Besar Jalan Nasional untuk pembangunan jalan tembus Karo – Langkat agar dana pembangunannya disiapkan jika pemerintah pusat menyetujui pembukaan/peningkatan jalan tersebut, ujar Baskami Ginting.

Selanjutnya, DPRD Provsu akan membahas pembangunan jalan tol Medan – Berastagi, dan apabila layak maka akan diperjuangkan ke pusat. Pembangunan jalan Tol (bebas hambatan) antara Medan – Berastagi sangat mendesak direalisasikan mendukung pengembangan mega proyek kawasan Danau Toba, ujarnya.

“Hari Rabu, 15 Feb 2017 mendatang, DPRD-SU bersama Bupati Karo Terkelin Brahmana, Bupati Langkat, Walikota Binjai, Bupati Dairi, Bupati Pakpak Barat dan Humbahas, kepala bina marga Provsu, kepala TNGL dan instansi terkait lainnya berangkat ke Jakarta untuk menemui Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk persentasi jalan tembus Karo – Langkat,” tutup Baskami Ginting.[jo]

- Advertisement -

Berita Terkini