Manfaatkan Pepaya, Keuchik Ubit Paya Itek Apresiasi KKN 60 Unimal
Mahasiswa KKN 60 Bersama Ibu Gampong Paya Itek

MUDANEWS.COM, Aceh Utara – Mahasiswa Kelompok Kerja Nyata (KKN) kelompok 60 Universitas Malikussaleh mencoba mengolah pepaya menjadi donat di Gampong Ubit Paya Itek, Kecamatan Meurah Mulia, Sabtu (07/09/2019).

Pepaya merupakan buah yang mengandung berbagai macam kandungan mineral dan vitamin. Dengan harga yang relatif murah menjadikan pepaya salah satu buah yang mudah ditemukan dipasaran.

“Guna meningkatkan harga jual pepaya, mahasiswa kkn mengolah pepaya menjadi bahan baku dalam pembuatan donat,” ucap Kabid Humas KKN 60, Surya Fajriansyah, Minggu (08/09/2019).

Tentunya menurutnya, pepaya yang digunakan dalam pembuatan donat adalah pepaya yang matang sehingga akan memudahkan dalam proses penyaringan sari pepaya.

Disamping itu ketua Kelompok sendiri mengatakan, Mahasiswa KKN mengolah donat dari pepaya karena mereka menganggap bahwa pepaya di gampong Ubit Paya Itek sangat mudah untuk ditemukan.

“Namun masyarakat sangat kurang peduli tentang manfaat dari buah pepaya tersebut, sehingga pepaya yang ada di gampong sering terbuang begitu saja,” tutur Aris Munandar.

Dari situ, Keuchik Gampong Paya Itek sendiri apresiasi mahasiswa/i kelompok 60 mempunyai ide untuk mengolah pepaya tersebut menjadi donat yang nantinya akan bernilai jual untuk masyarakat sekitar gampong.

“Ide kalian sangat bagus dan juga unik, saya sangat mengapresiasi. Sayang kalau pepaya hanya tumbuh tapi tidak dimanfaatkan dengan baik. Silahkan kalian jalankan,” jelas Pak Geuchik Gampong Paya Itek.

Dalam hal ini, mahasiswa KKN UNIMAL kelompok 60 yang berada di Gampong Ubit Paya Itek melakukan pengolahan adonan bersama warga khususnya ibu-ibu gampong Ubit Paya Itek.

“Kegiatan ini dilakukan di ruang serba guna Gampong Ubit Paya Itek. “Semoga dengan kegiatan ini, masyarakat akan mengerti tentang keberadaan dari buah pepaya,” tandas Keuchik. Berita Aceh Utara, AR