PBAK 2019 UIN-SU: HMI : Jangan Ada Pungli 
Ketum HMI Komisariat FSH UINSU, Muhammad Najib

MUDANEWS.COM, Medan – Pihak kampus belum memastikan penuh mengenai penyelanggraan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) di Kampus I, sebab kampus ini masih dalam proses perenovasian beberapa gedung. Kabag Humas Yuni Salma SAg mengatakan PBAK sebagai momen pengenalan lingkungan Kampus, “Gunanya PBAK sebagai pengenalan lingkungan kampus untuk memberikan orientasi kepada mahasiswa baru,” ucapnya.

Lebih lanjut, Yuni Salma mengatakan rangkaian acara PBAK nantinya akan berlangsung seperti tahun lalu. “Yang pertama adalah penerimaan dari rektor, fakultas, do’a kemudian penerimaan secara simbolis dan diisi dengan materi-materi. Tahun lalu pemateri dari Kapolda, akademisi, TNI dan sebagainya,” kata Yuni.

Dengan berlangsungnya PBAK ini nanti, Yuni berharap tidak ada kendala dan semoga berjalan dengan baik. “Dan diharapkan mahasiswa baru bisa beradaptasi, bersosialisasi di lingkungan UIN SU sebelum ia mengenal fakultasnya. Semoga PBAK berjalan dengan baik, mengedukasi dan menyenangkan, sukses dan lancar. Dan Maba bisa mengamalkan apa yang sudah didapatnya di PBAK kelak,” harapnya.

Menanggapi hal tersebut, Muhammad Najib Ketum HMI Komisariat FSH UINSU mengimbau kepada mahasiswa baru jangan mau dikenai pungutan liar.

“Ya, kita mengimbau kepada adik-adik maba (mahasiswa baru) jangan mau dikenai pungli (pungutan liar), baik dari oknum ormawa dan oknum birokrat kampus UIN-SU yang tidak bertanggung jawab,” terang Najib, Selasa (27/8/2019).

Najib menambahkan adik-adik Maba harus jeli dan kritis terhadap pungutan yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi dan tak berdalil resmi secara aturan tertulis dari pihak kampus UIN-SU, kalau memang ada hal itu terjadi segera laporkan kepada kami, kami berada ditengah-tengah kalian (maba) untuk menindak ketidakadilan dan permasalahan yang ada.

“Kami (HMI Koms FSH UIN-SU) telah mendengar banyak pengaduan dari adik-adik maba adanya indikasi pungli itu ada, jikalau di lapangan memang benar diterapkan, kami akan tindak secara tegas dan akan dibawa keruang hukum, dan kami meminta kepada Rektor UIN-SU untuk memfilter dan menjaga kondusifitas PBAK 2019 agar tetap jujur & bersih dari pungutan liar,” tandas Najib.

Dalam PBAK 2019 seluruh Fakultas sekawasan UIN-SU secara serentak mengadakan pada tanggal 2-4 September 2019. Berita Medan, red