Nazaruddin, Terpilih Menjadi Pemakalah Pendamping di Medan
Nazaruddin, SPd.I

MUDANEWS.COM, Langkat – Balai Bahasa Sumatera Utara akan melaksanakan Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia berbasis pemikiran aras tinggi
(Hinger Order Thinking Skill/ HOTS) pada Kamis s/d jum’at (29-30/8/2019) di Le Polonia Hotel Medan.

Nazaruddin SPdI mengatakan, ada pun salah satu persyaratan yang ditetapkan oleh panitia, jika ingin berpartisipasi apakah sebagai peserta atau pendamping pemakalah, maka diharuskan terlebih dahulu untuk mengirimkan naskah makalah dengan tema “Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di era revolusi Industri 4.0.

Info ini, kata Nazar, didapat dari salah satu grup di Whatsapp Kelas Kritik Esay pada Bulan Juni tahun 2019 yang lalu, setelah membaca, menelaah dan meneliti tentang seluruh persyaratan yang harus disiapkan peserta sebelum mendaftar, dengan mengucapkan Bismillahirahmanirrahim akhirnya nazar memutuskan untuk mendaftar dan mengirimkan makalah dengan judul “Kajian Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di era revolusi industri 4.0“.

“Setelah menunggu selama 1 Bulan sampai akhirnya tanggal 7 Agustus 2019 berdasarkan surat dari Balai Bahasa Sumatera Utara dengan NO : 1275/G5.02/TU/2019 Hal : Undangan Menyajikan Makalah yang diterima melalui WA,” terangnya di Desa Lubuk Kertang Kecamatan Brandan Barat Kabuapten Langkat, Selasa (27/8/2019).

Nazaruddin SPdI yang merupakan Salah satu kepala Mts Madinatul Ilmi Lubuk Kertang Kabupaten Langkat yang juga mewakili guru madrasah pada seminar nasional ini bersyukur dan mengucapkan banyak terima kasih kepada rekan seperjuangan dan penggiat literasi atas doa dan dukungannya karena makalahnya bisa terpilih pada kegiatan seminar yang dilaksanakan oleh BBSU ini.

Nantinya Nazar beserta pendamping pemakalah berjumlah 56 orang akan memaparkan makalah yang masing-masing akan di bagi menjadi tiga kelompok sedangkan pendamping pemakalah yang berasal dari luar sumut ada 2 orang, 1 orang berasal dari Jawa timur dan 1 pemakalah dari Lampung.

“Pada Pembukaan akan dibuka dan disampaikan oleh pemakalah utama yaitu Bapak Prof Dr Dadang Sunendar MHum sebagai kepala badan pengembangan bahasa dan perbukuan Kemdikbud, setelah Salat Zhuhur akan disampaikan oleh bapak Kepala Balai Bahasa Sumatera Utara,Bapak Prof Dr Amrin Saragih MA PhD dari UNIMED. Bapak Prof Dr Atmazaki MPd Dari UNP Dan Bapak Dr Fairul Zabadi (Pusat Perbukuan BPBP Kemdikbud). Pemakalah Pendamping akan mendapatkan prosiding sebagai bukti karya pemakalah layak untuk dipaparkan sewaktu seminar berlangsung,” jelasnya lagi.

Nazaruddin, Terpilih Menjadi Pemakalah Pendamping di Medan
Kelas Menulis 2019

Kemudian, kata Nazar, pada saat yang sama, BBSU mempublikasikan karya Karya Kelas Esay Kritik akan dalam bentuk ontologi yang berjudul “Menggiring Mimpi” yang merupakan kumpulan karya penulis kelas kritik esay yang telah dilatih dan dibimbing oleh Bapak Suyadi San dan Bapak YS Rat Selama 6 Bulan di BBSU Medan.

“Salam Literasi. Madrasah Hebat dan Bermartabat,” tandasnya. Berita Langkat, red