Lubuk Kertang, Siap Jadi Desa Literasi
Taman Baca Masyarakat Desa Lubuk Kertang

MUDANEWS.COM, Langkat – Desa Literasi adalah suatu upaya desa untuk menjadi desa yang mandiri, berdikari dan berkepribadian. Desa Literasi juga desa yang berupaya mewujudkan masyarakat yang memiliki pengetahuan dan pahaman yang luas.

Lubuk Kertang melakukan berbagai upaya dan kegiatan agar dapat mewujudkan harapan menjadi Desa Literasi. Tepat pada Minggu (04/08/19), di Halaman TBM Desa Lubuk Kertang Dusun I Janggus, TBM Desa Lubuk Kertang Kecamatan  Brandan Barat mengadakan beberapa kegiatan yaitu Mebaca Senyap, Membaca dan Bercerita, Lomba Menulis Surat untuk Desa Lubuk Kertang, Lomba Membaca Puisi dan Lomba Rangking 1.

Sebelum memulai kegiatan-kegiatan tersebut, panitia kegiatan mengajak para peserta kegiatan yang terdiri dari SD Se-Lubuk Kertang dan MTsS Madinatul Ilmi untuk bertilawah (mengaji) bersama di Masjid Nurul Hasanah yang kegiatan ini dipimpin oleh ustaz Rudiansyah, SHI.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Zul Insan selaku Kades Lubuk Kertang. “Saya sangat bangga dan berterimakasin dengan para pejuang-pejuang literasi yang ada di desa. Adanya kegiatan ini membuat saya sangat yakin Desa Lubuk Kertang siap menjadi Desa Literasi. Saya juga siap mendukung setiap kegiatan yang berhubungan dengan Literasi di Desa Lubuk Kertang,” ujar beliau.

Lubuk Kertang, Siap Jadi Desa Literasi
Antusias anak-anak mengikuti kegiatan TBM Desa Lubuk Kertang

Tujuan kegiatan ini diadakan sebagai ajang promosi ke warga bahwa sudah ada TBM di Desa Lubuk Kertang, agar semua kalangan masyarakat baik generasi muda dan pelajar maupun warga umum dapat berkunjung ke TBM Desa Lubuk Kertang. Selain itu kegiatan ini juga sebagai salah satu syarat menjadi Desa Literasi Tahun 2019 yang mana dinilai oleh Badan Balai Bahasa Sumatera Utara. Dan hasil penilaian akan diumumkan pada tanggal 29/09/2019.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kades Lubuk Kertang, Muhammad Sofyan (BPD), Pengurus IPAL, Nazaruddin SPdI, Suprapto, SPd, Milda Rizki utusan Formalindo Kabupaten Langkat. Berita Langkat, Wahyuni