Gaji Guru Honorer Sibolga, Harus Setara Gaji Guru PNS
Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Sibolga – Bakal calon Walikota Sibolga, Ahmad Kennedy Manullang menyatakan gaji guru honorer seharusnya setara dengan gaji guru PNS.

“Berapa gaji guru PNS?! Harusnya segitu juga gaji guru honorer ditampung dalam APBD sesuai kebutuhan,” kata Kennedy.

Menurut Kennedy lagi baik guru honorer maupun guru PNS memiliki tugas dan tanggung jawab bersama dalam rangka memenuhi cita – cita kemerdekaan Indonesia yaitu mencerdaskan anak bangsa. Sehingga harus diikuti dengan pemberian hak yang sama.

“Alihkan saja dengan mengurangi belanja dinas yang tidak terlalu penting dan mendesak,” sebut Kennedy menjelaskan sumber dananya.

Pria yang dikenal dengan sebutan AKM ini menambahkan jika legislatifnya tidak menyetujui, usulkan saja anggaran legislatifnya yang dipangkas. Tanyakan kepada mereka yang mengajari baca tulis siapa kalau bukan guru? Atau jika perlu Kepala Daerahnya turun tangan demo ke legislatif. Sekali – sekali Kepala Daerah ikut turun ke jalan membela rakyatnya.

“Guru honor dan PNS memiliki kewajiban yang sama. Harusnya diikuti dgn hak yg sama. Dari pada guru honor digaji tdk layak, lbh baik mereka tidak ush diterima dari awal. Guru-guru honor itu pastinya iklas untuk mengabdi mencerdaskan anak bangsa. Tp keiklasan mereka jgn dijadikan sebagai legitimasi untuk mengabaikan kesejahteraan mereka. Itu para guru adalah ujung tombak kemajuan bangsa ini. Sungguh tak boleh diabaikan. Mereka butuh dan pantas diberi fasilitas yg layak,” tutupnya. Berita Sibolga, Seftian