Kepala Sekolah PAUD, Tanda Tangani MoU Dengan Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu Ir. H. Leo Sunarta Marpaung, M.MA disaksikan Ketua HIMPAUDI Kecamatan Rantau Utara sedang menyerahkan dua buah buku kepada Kepala Sekolah PAUD Marhamah Padang Bulan dalam acara penandatanganan MoU

MUDANEWS.COM, Labuhanbatu – Sebanyak 25 Kepala Sekolah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) di wilayah Kecamatan Rantau Utara telah menandatangani MoU atau Naskah Kerja Sama Kemitraan dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu, Rabu (31/7/2019) di Lantai 2 Gedung Perpustakaan Labuhanbatu Jln. Merantai Rantau Prapat.

Penandatanganan MoU antara 25 Kepala Sekolah PAUD bersama Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu Ir H Leo Sunarta Marpaung M.MA tersebut disaksikan langsung oleh Ketua HIMPAUDI Kecamatan Rantau Utara Munawar Nasution SH.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu Ir H Leo Sunarta Marpaung M.MA dalam keterangannya menjelaskan, “MoU yang dilakukan ini adalah untuk menyahuti program yang sudah disampaikan oleh HIMPAUDI Kecamatan Rantau Utara dan sudah jelas kami dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sangat terbantu dalam rangka program meningkatkan minat baca masyarakat Kabupaten Labuhanbatu dari level yang paling bawah anak-anak usia dini,” jelasnya.

“Karena bagaimana pun juga gerakan membaca ini harus kita mulai dari bawah, yang jelas tidak terlepas dari peran orang tua dan tenaga pendidik anak usia dini Kecamatan Rantau Utara, kiranya kedepan hal demikian dapat lagi kita kembangkan dalam level-level yang berbeda,” kata Leo Sunarta.

Lebih lanjut Leo Sunarta mengungkapkan, sesuai saran dan petunjuk Plt Bupati Labuhanbatu Bapak Andi Suhaimi Dalimunthe bagaimana kita mengemas perpustakaan ini menjadi menarik dan menyenangkan bagi anak-anak, tidak membosankan seperti selama ini, kemudian bagaimana anak-anak usia dini mulai gemar membaca dan mulai menyukai dunia perpustakaan, ini adalah titik awal/titik nolnya ditangan ayahanda dan bunda-bunda PAUD yang hadir pada hari ini, sehingga kita bisa mewujudkan apa yang diharapkan oleh Plt Bupati Labuhanbatu.

Ketua HIMPAUDI Kecamatan Rantau Utara Munawar Nasution SH menambahkan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan hari ini adalah rangkaian acara Gernas Baku (Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku) ini merupakan RTL (Rencana Tindak Lanjut) untuk mempoluf MoU kita yang dilaksanakan pada tanggal 15 April kemarin di ULB, hari ini merupakan turunan dari pada apa yang kita laksanakan di ULB kemarin.

Di ULB kemarin kita melaksanakan MoU itu pelaksanaannya antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu dengan HIMPAUDI Kecamatan Rantau Utara dan ini adalah turunan dari MoU itu, kita melaksanakan MoU dengan satuan PAUD yang ada di Kecamatan Rantau Utara.

Menurutnya, selain kita melaksanakan MoU dengan para Kepala Sekolah PAUD, kita juga melaksanakan Desiminasi Pustakawan PAUD kepada guru-guru atau pendidik dan tenaga pendidikan anak usia dini yang pesertanya itu berasal dari 25 sekolah yang melaksanakan MoU.

Munawar menambahkan, bahwa Desiminasi ini terkait dengan mensosialisasikan fungsi dan peran pendidik bagaimana disatuan pendidikan itu bisa melaksanakan yang namanya “Pojok Baca”, karena hari ini memang kita setiap satuan PAUD dihimbau untuk mempunyai “Pojok Baca”, disini pendidik dan tenaga pendidikan kita akan dilatih dan diberikan pemahaman tentang bagaimana mengelola Perpustakaan atau istilahnya “Pojok Baca” yang ada disatuan PAUD.

“Kita berharap sesuai dengan target kita yang sederhana yaitu bagaimana semua satuan pendidikan setelah melakukan MoU ini semuanya memiliki sarana dan prasarana yang namanya pustaka di satuan PAUD, yang jelas pustaka di satuan PAUD ini berkaitan dengan minat baca dari pada anak-anak PAUD itu, tapi kita berharap dengan Desiminasi ini pendidik dan tenaga pendidikan anak usia dini yang tergabung dalam HIMPADI bisa memberikan kontribusi untuk anak-anak kita yang ada di lembaga PAUD, bagaimana cara mereka mengkelolanya dengan baik,” jelas Munawar.

Kegiatan MoU dan Desiminasi Pustakawan PAUD tersebut dirangkai dengan pemberian cenderamata berupa dua buah buku dari Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu Ir H Leo Sunarta Marpaung M.MA kepada 25 orang Kepala Sekolah PAUD di wilayah Kecamatan Rantau Utara. Berita Labuhanbatu, Arjuna