Wisata Mangrove Lubuk Kertang, MTS Madinatul Ilmi Belajaran di Luar Kelas
Foto bareng setelah selesai kegiatan.

MUDANEWS.COM, Langkat – Komunikasi adalah suatu aktifitas penyampaian informasi baik itu pesan, ide dan gagasan dari satu pihak ke pihak lain. Komunikasi bertujuan untuk memberikan perubahan pada sikap, perilaku, pendapat dan pandangan seseorang.

Siswa/i kelas IX MTsS Madinatul Ilmi Lubuk Kertang, melakukan program pembelajaran di luar kelas (out door learning) tentang Tata Kelola Mangrove (Pengelola), Tata Kelola UKM (Pedagang), dan Interview dengan Pengunjung Wisata Mangrove Lubuk Kertang.

Setiap siswa/i dibagi menjadi 3 kelompok, yang pertama khusus mewawancarai pengelola, kedua mewawancarai pengunjung, dan ketiga mewawancarai pedagang Mangrove Lubuk Kertang. Mereka telah menyiapkan angket pertanyaan yang ditujukan kepada Pedagang, Pengunjung dan Pengelola Wisata Mangrove.

“Kegiatan ini dilakukan agar siswa/i MTsS Madinatul Ilmi mampu berinteraksi, bersosialisasi dan berkomunikasi dengan baik, benar dan sopan kepada pihak luar,” ujar Wahyuni, S.Pd.I selaku Guru Pembimbing.

Sementara, pelepasan dilakukan oleh Nazaruddin, S.Pd.I selaku Kepala Madrasah. ia menyampaikan terimakasih kepada pihak Mangrove yang telah mengijinkan siswa/i MTsS Madinatul Ilmi hadir serta melakukan Interview kepada pihak-pihak tertentu.

Wisata Mangrove Lubuk Kertang, MTS Madinatul Ilmi Belajaran di Luar Kelas
Foto bareng setelah selesai kegiatan.

“Komunikasi itu tidak hanya dilakukan kepada sesama manusia, tetapi dengan alampun kita harus berkomunikasi dengan baik. Dengan cara menanam, merawat dan menjaga alam sekitar kita. Salah satunya dengan menjaga hutan-hutan Mangrove yang ada di Desa Lubuk Kertang,” ujar Nazaruddin, S.Pd.I

Pihak Pengelola Mangrove yang diwakili Amat Ali sangat senang dengan kunjungan yang dilakukan oleh MTsS Madinatul Ilmi. Ia menyampaikan pesan kepada siswa/i bahwa harus ikhlas, sabar dan penuh cinta di dalam merawat Mangrove. Karena setiap hal yang baik akan menghasilkan yang baik pula. Ia juga berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan agar anak-anak mengetahui pentingnya berkomunikasi dengan sesama maupun dengan alam sekitar.

Wisata Mangrove Lubuk Kertang, MTS Madinatul Ilmi Belajaran di Luar Kelas
Pelepasan siswa/i

Kegiatan ini memberikan inspirasi kepada pihak pengelola untuk menyediakan Taman Baca/Pojok Baca Mangrove Lubuk Kertang. Agar para pengunjung bahkan pengelola dapat membaca di sela-sela waktu.

Kegiatan ini dihadiri oleh BPD Lubuk Kertang dan Perwakilan PT Pertamina Pangkalan Susu. Berita Langkat, MN