Kucurkan Dana Perpustakaan Desa, Kadis Perpustakaan Labuhanbatu Apresiasi Menteri Desa
Kepala Dinas Perpustakaan, Kearsipan Labuhanbatu, Ir Leo Sunarta Marpaung MMA (kiri) bersama Kepala Desa Linggatiga, H Suparno didepan bangunan Perpustakaan Desa Linggatiga Kecamatan Bilah Hulu

MUDANEWS.COM, Labuhanbatu – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Labuhanbatu, Ir H Leo Sunarta Marpaung MMA, berikan apresiasi kepada Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, yang telah mengalokasikan sebagian Dana Desa untuk pembangunan Gedung Perpustakaan Desa di Kabupaten Labuhanbatu.

Leo Sunarta menyampaikan ini, “saat meninjau pelaksanaan pembangunan gedung perpustakaan desa, di Desa Linggatiga, Kecamatan Bilah Hulu, Kamis (25/07/2019). Pembangunan gedung perpustakaan desa ini, dibiayai dari sebagian dana desa tahun 2019,” sampainya.

Disebutkannya, pada tahun 2019 ini, Perpustakaan Nasional di Jakarta, meluncurkan Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial berthemakan “Literasi Untuk Kesejahteraan”.

Program ini lanjutnya, “tidak akan berjalan maksimal, manakala tidak mendapatkan bantuan dari berbagai pihak. Termasuk diantaranya dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Mengingat, sasaran program berada di daerah pedesaan,” ucap Leo Sunarta.

Katanya, dengan dialokasikannya sebagian dana desa untuk pembangunan Perpustakaan Desa, jelas meringankan Kabupaten Labuhanbatu, dalam menjalankan program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.

Karena katanya, dialokasikannya sebagian Dana Desa untuk pembangunan Perpustakaan Desa, jelas dana yang ada dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Labuhanbatu, bisa pula diprogramkan kepada kegiatan lainnya.

Apalagi lanjutnya, “pembangunan gedung perpustakaan desa, dapat pula dikerjakan dengan cara swakelola. Itu artinya, pemanfaatan dananya bisa ditekan. Masarakat sekitar lokasi pembangunan, merasakan manfaatnya. Karena yang mengerjakan pembangunannya langsung masyarakat,” jelas Leo Sunarta.

Sementara, Kepala Desa Linggatiga, H Suparno menyebutkan, “pembangunan gedung perpustakaan desa ini, dibiayai dari sebagian dana desa. Pelaksanaan proyek, secara swakelola,” ujarnya.

Suparno, mengucapkan terimakasih kepada Perpustakaan Nasional dan Dinas Perpustakaan, Kearsipan Labuhanbatu, yang menetapkan Desa Linggatiga, menjadi salah desa sasaran Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.

“Semoga dengan adanya program ini, kecerdasan masyarakat. Dan tentunya, berdampak positif pula bagi tingkat kesejahteraan warga masyarakat di desa ini,” ucap Suparno. Berita Labuhanbatu, Arjuna