Kerjasama FH Unimal dan Pemkab Aceh Tengah
Rektor Unimal, Dr.Herman Fithra,S.T.,M.T.

MUDANEWS.COM, Lhokseumawe – Rektor Universitas Malikussaleh ‘Dr.Herman Fithra,S.T.,M.T.’ mendukung kerjasama Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah.

Menurutnya kerjasama tersebut dapat meningkatkan kinerja kedua instansi.

“Kerjasama dengan pemerintah kabupaten/kota dan instansi lainnya dilakukan untuk meningkatkan kinerja kedua instansi,” ungkap Dr.Herman Fithra,S.T.,M.T./Rektor Unimal dalam keterangan tertulisnya, Kamis (04/7/2019) sekira pukul 13.27 WIB.

Dr.Herman yang Akrabnya disapa ‘Pak Herman’ menyebutkan Perguruan tinggi punya kewajiban pada negara, dan menurutnya kerjasama itu dapat meningkatkan penelitian para dosen dan ASN Pemkab dan Pemkot

“Sebagai perguruan tinggi yang juga mempunyai kewajiban untuk membangun bangsa dan negara, maka kerjasama ini diharapkan dapat berkonstribusi untuk meningkatkan penelitian dan pengabdian bersama para dosen dan ASN dipemkab dan pemkot,” kata sang Rektor.

“Selain itu Mahasiswa dapat melakukan praktek langsung dilapangan ataupun magang. Itu yang diharapkan dapat dilaksanakan oleh setiap fakultas yang ada di unimal,” tambahnya.

Harapnya selaku Pimpinan Universitas Malikussaleh, bahwa kerjasama itu nantinya akan memberikan pendidikan langsung bagi mahasiswa hukum untuk magang di kejaksaan dan pengadilan.

“Kegiatan yang dilakukan oleh fakultas hukum dapat memberikan pendidikan langsung nantinya buat para mahasiswa yang akan magang di kantor kejaksaan, pengadilan dan kantor-kantor lainnya. Selain itu mereka dapat mengikuti sidang-sidang secara langsung di pengadilan untuk mengasah kemanpuan akademiknya dalam ilmu hukum,” tandas Rektor Unimal ‘Dr.Herman Fithra,S.T.,M.T’.

Diketahui sebelumnya, Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh (Unimal) lakukan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah.
Hal tersebut, Sesuai dengan kunjungan pimpinan fakultas hukum pada Selasa-Rabu (2-3/07/2019) Di Ruang Bupati Bener Meriah.

Dalam kunjungan tersebut, Fakultas Hukum diwakili boleh Pembantu Dekan I Bidang Akademik Dr.Faisal,S.Ag.,S.H.,M.Hum, Pembantu Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Hadi Iskandar,S.H.,M.H, dan Juga Ketua Program Magister Hukum, Dr.Yusrizal,S.H.,M.H.

Selain kunjungan ke Pemerintah Daerah setempat, rombongan FH Unimal juga melakukan kenjungan ke Pengadilan Negeri Simpang tiga Bener Meriah, Mahkamah Syariyah Aceh Tengah dan Bener Meriah, Polres Aceh Tengah, serta Kejaksaan Negeri baik di wilayah Aceh Tengah dan Bener Meriah.

Kerjasama ini bertujuan untuk melakukan pengembangan kurikulum, pengembangan sumber daya manusia, tatakelola kelembagaan, pengembangan program studi, dan kegiatan penelitian, pengabdian, penjaminan mutu dan Field Trip Mahasiswa.
Rencana tindak lanjut dari pertemuan tersebut akan dituangkan dalam bentuk MoU dan pelaksanaan secara teknis akan di laksanakan oleh unit terkait yg ada di Fakuktas Hukum. Berita Lhokseumawe, AR