PPDB Online Sumut
Website Dinas Pendidikan Sumut yang setiap tahun dipakai untuk memuat hasil PPDB Online

MUDANEWS.COM, Medan – Guna mendukung program pemerintah dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online, Pemerintah provinsi sudah menggelontorkan anggara sebesar Rp. 9,7 miliar. Miliaran rupiah uang rakyat dari APBD tersebut disalurkan dalam kurun 2017-2019.

Data SIRUP LKPP ini menegaskan betapa komitnya pemerintah pusat melakukan sistim zonasi yang pelaksanaannya diserahkan kepada pemerintah provinsi , guna menekan biaya tinggi dalam proses pendidikan serta menekan KKN dalam proses belajar mengajar.

Dari hampir 10 miliar tadi yang digelontorkan dari lebih dari separuhnya yakni 7,5 miliar dipergunakan untuk sosialiasi kepada jajaran dinas pendiidikan seperti para operator sekolah, narasumber dari akademisi dan praktisi pendidikan, serta sosialisasi internal lainnya. Dan sisanya sekitar 2,4 miliar lagi dipergunakan untuk menyiapkan perangkat keras dan lunak terlaksanakan PPDB seperti pengadaan konputer, pembelian server dan jaringan internet.

M Fahmi dari Aliansi Masyarakat Pemerhati dan Peduli Sumatera Utara (AMPPSU) berkeyakinan, besarnya anggaran yang digelontorkan tadi sesuai dengan hasil yang diharapkan, dan tak ada lagi masyarakat yang tidak mengerti tentang pelaksanaan PPDB Online dimasa-masa mendatang.

“Yang terpenting kita tidak ingin lagi mendengar adanya keluhan masyarakat dalam proses adminsitrasi saat pendaftaran PPDB karena minimnya sosialisasi kepada masarakat luas. Juga jangan sampai terjadi penyakit laten, saat akan dimulainya proses pendaftaran dan ketika pengumuman hasil seleksi, dimana server selalu saja tidak bisa diakses dan dibuka, karena alasan membludaknya warga yang mengakses web PPDB Online,” ujar M Fahmi di Medan, Jumat malam (28/6/2019). Berita Medan, alf