Penerimaan Mahasiswa Baru
Dekan FUSI UIN-SU Prof Dr Katimin MAg, Ketua Prodi Dr Husnel Anwar MAg dan Sekretaris Prodi Abrar M Dawud Faza MA

MUDANEWS.COM, Medan – Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam (FUSI) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU) Medan untuk angkatan ke-3 kembali membuka Penerimaan Mahasiswa Baru Program Magister (S2) Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir (IAT) Tahun Akademik 2019/2020 mulai tanggal 24 Juni sampai dengan 20 Juli 2019 secara online.

“Sebelum mendaftar online, terlebih dahulu calon mahasiswa membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 300.000,- ke Bank BNI Syariah di unit mana pun dengan menyebutkan kode FUSI 9412, nanti petugas Bank akan memberikan Slip Pembayaran berisi “username” dan “password” yang akan digunakan sebagai login mendaftar online di http://www.pmb.uinsu.ac.id,” demikian disebutkan Ketua Prodi Dr Husnel Anwar MAg didampingi Sekretaris Prodi Abrar M Dawud Faza MA, Senin (17/6/2019).

Ditambahkan Husnel, peningkatan peminat Program Magister IAT cukup signifikan, tahun pertama mendaftar 15 orang dan tahun kedua 25 orang, di mana calon mahasiswa tidak saja berasal dari internal Prodi Sarjana (S1) IAT, namun juga alumni lintas Prodi di lingkungan UIN-SU Medan, alumni UIN Yogyakarta dan alumni sarjana luar negeri seperti Arab Saudi, Syiria, Sudan dan lainnya.

Di tempat terpisah Dekan Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam Prof Dr Katimin MAg didampingi Wakil Dekan I Dr Arifinsyah MAg, Wakil Dekan II Dr Hasnah Nasution, MA dan Wakil Dekan III Drs Maraimbang Daulay MA, menerangkan bahwa Prodi S2 IAT merupakan program studi unggulan di fakultas, sejak awal kita sudah mempersiapkan perangkat pembelajaran yang unggul, baik dari segi kepakaran dosen bergelar guru besar dan doktor bidang Alquran dan Tafsir, juga suasana akademik yang menunjang penguasaan keilmuan mahasiswa melalui berbagai kegiatan, seperti studium general dan seminar internasional dengan narasumber dari dalam dan luar negeri.

Wakil Dekan I Dr Arifinsyah MAg menambahkan bahwa kurun waktu tahun 2017-2018 Program S2 IAT telah mengundang beberapa pakar dan ahli antara lain: Prof Olaf Schumann (Jerman), Prof Hans-Jakob Schmitz (Inggris), Dr Abdul Ali al-Mas’ul (Maroko), Dr Moh Yunus Masrukhin (Mesir), dan lain-lain. Arifinsyah menjelaskan lagi, program Magister IAT menerima mahasiswa yang benar-benar diseleksi untuk memenuhi kompetensi yang diharapkan, yaitu sebagai calon-calon mufassir, peneliti dan praktisi bidang Alquran dan Tafsir.

Penerimaan mahasiswa baru Program Magister ini dapat dilakukan di Kantor Prodi Magister IAT Kampus II UINSU Jalan Willem Iskander Medan. Perkuliahan dilaksanakan di Kampus tersebut dengan menerapkan sistem Satuan Kredit Semester (SKS) dan menggabungkan antara perkuliahan dan penelitian dengan rentang waktu empat hingga delapan semester untuk mengumpulkan 43-49 SKS. Bagi calon mahasiswa yang sudah mendaftar akan mengikuti ujian masuk tanggal 24-25 Juli 2019 dengan materi ujian Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Potensi Aka-demik, dan Wawancara. Berita Medan, Andi