Panitera Pengadilan Agama
Mahasiswa STAI Panca Budi Perdagangan KKNI lakukan pemebelajaran di Pengadilan Agama Tebing Tinggi

MUDANEWS.COM, Tebing Tinggi – Panitera Pengadilan Agama Tebing Tinggi, Sugeng Heriono SH memberikan pembelajaran kepada mahasiswa/i yang melakukan Kuliah Kerja Nyata Integratif (KKNI).

Adapun mahasiswa/i yang melakukan KKNI tersebut berasal dari Sekolah Tinggi Agama Islam Panca Budi Perdagangan Fakultas Hukum Ekonomi Syariah/Muamalah.

Sugeng Heriono SH, memberikan ilmu seputar tentang Pengadilan Agama yaitu penjelasan tentang wewenang Pengadilan Agama, Pembuatan Surat Gugatan Cerai, Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Jabatan Hakim Ketua, Hakim Anggota, Panitera, serta Alur Proses Pendaftaran Sidang.

Mahasiswa dengan antusias mendengarkan pemaparan materi yang disampaikan secara detail dan seksama.

“Ilmu merupakan hal yang sangat penting, secara teori mahasiswa/i mungkin sudah mendapatkan sedikit pembekalan ilmu dari akademik, namun di dalam dunia praktek kerja Pengadilan Agama yang sesungguhnya, kita harus mengetahui alur proses pendaftaran persidangan, proses sidang hingga pada titik akhir yaitu putusan,” ucapnya di Aula Pengadilan Agama Tebing Tinggi, pada Rabu (6/2/2019).

Mahasiswa/i pun merasa sangat senang dengan ilmu yang diberikan oleh Sugeng Heriono SH, selaku panitera di Pengadilan Agama Tebing Tinggi.

Pasalnya, ilmu yang tidak pernah didapatkan selama mengikuti proses perkuliahan. Kini, didapatkan dengan pembelajaran yang diberikan oleh beliau secara teori kemudian diaplikasikan langsung secara praktek.

“Untuk mencari ilmu sebanyak-banyak nya di Pengadilan Agama Tebing Tinggi ini, apabila mahasiswa/i bingung, saya pribadi akan siap membantu kalian untuk mencapai apa yang ingin kalian ketahui,” tutupnya.

Kegiatan pembelajaran ini akan berlangsung dengan sistematis dan menyeluruh selama jangka waktu KKNI yang telah ditetapkan oleh pihak akademik kampus, yang terhitung dari tanggal 21 Januari 2019 dan berakhir di tanggal 21 Maret 2019. Berita Simalungun, Billy Dwinata Pasaribu)