Komunitas Kita Menulis Ajak Dosen untuk Menulis

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Puluhan dosen dari berbagai Perguruan Tinggi Aceh dan Sumut menghadiri grand launching komunitas Kita Menulis yang dirangkaikan dengan acara penulisan buku yang baik, Sabtu (19/1/2019) bertempat di Aula STIM Sukma Jalan Sakti Lubis Medan.

Pendiri dan sekaligus CEO Komunitas Kita Menulis, Janner Simarmata mengatakan, bahwa salah satu program Komunitas Kita Menulis adalah pada penulisan buku untuk diterbitkan. Buku yang diterbitkan bisa karya seorang penulis maupun bunga rampai.

“Komunitas Kita Menulis adalah wadah bagi Guru, Dosen dan Praktisi Pendidikan yang ingin menulis buku dan menerbitkannya, karena banyak diantara mereka belum tahu cara memulai menulis buku,” ucapnya saat memperkenalkan komunitas ini.

Pada Grand launching ini juga Janner Simarmata menjelaskan makna arti logo Kita Menulis dan mengajak peserta untuk tetap berkarya dengan keberanian menulis, optimis dan kreatif.

“Jadi, mulailah menulis dari kemauan, ketekunan dan minat,” ujar Janner.

Menulis buku itu dapat distrategikan dengan mencicil tulisan, misalnya dalam seminggu menulis tiga halaman sehingga dalam sebulan kita dapat menulis satu bab.

“Namun dalam menulis buku perlu kejujuran akademi agar menghasilkan sebuah buku yang baik dan memperhatikan cara pengutipan agar terhindar dari plagiarisme,” tambahnya.

Kenapa harus menulis? Karena jika dosen menulis maka akan mendapatkan pengakuan dari masyarakat luas, mendapatkan perlindungan hak cipta dan mendapatkan nilai angka kredit.

“Disamping itu, regulasinya juga sudah ada pada UU No 12 tahun 2012, Tentang Pendidikan Tinggi Pasal 12, Ayat 3 dan UU No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pada pasal 1 poin 2,” tegas Janner.

Acara ini dirangkai dengan coaching books dan penandatangan kerjasama antara KITA MENULIS dengan Forum Kerjasama Pendidikan Tinggi (FKPT).

Point kerjasama ini diataranya tentang pelaksanaan seminar, pelatihan/workshop, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Pertukaran keterampilan, keahlian, pengetahuan, serta pengalaman yang dimiliki masing masing pihak juga tertuang dalam butir-butir kerjasama ini.

Kerjasama ini ditandatangani langsung oleh Dr Janner Simarmata ST MKom selaku CEO Kita Menulis dan Mesran MKom, selaku ketua Forum Kerjasama Pendidikan Tinggi (FKPT) dan berlaku selama 5( lima) tahun.

“Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan kegiatan yang berhubungan dengan bidang pendidikan terutama dalam penulisan buku perguruan tinggi,” ungkap Janner.

Ia juga menyampaikan terimakasih kepada pendukung kegiatan ini, Sinergi Kolaborasi Ilmiah (SIKOLAH.ID), STMIK Budidarma, Politeknik Negeri Media Kreatif, Forum Kerjasama Perguruan Tinggi (FKPT), Politeknik Kutaraja Banda Aceh dan terutama kepada STIM SUKMA Medan yang telah bersedia menyiapkan tempat acara.

“Dan kepada peserta yang turut hadir dalam grand launching tersebut, sedangkan untuk informasi lengkap tentang komunitas ini dapat dilihat pada tautan https://www.facebook.com/pg/kmenulis/,” tandas Janner. Berita Medan, MN

- Advertisement -

Berita Terkini