Yayasan Sinar Ittihadiyah Langkat
Suasana pelatihan ICT yang digelar oleh Yayasan Sinar Ittihadiyah Langkat.

MUDANEWS.COM, Langkat – Guna meningkatkan kompetensi ICT, Yayasan Sinar Ittihadiyah Langkat, menggelar pelatihan “Peningkatan kompetensi berbasis ICT bagi guru-guru Pendidikan Agama Islam (PAI)”. Kegiatan yang mengambil thema ‘GPAI HEBAT, GPAI BERMARTABAT”, dilaksanakan setiap hari Rabu, berlangsung selama 6 bulan ke depan, dan telah berjalan 3 kali, bertempat di Kampus STIT Ittihadiyah Langkat Jalan Sudirman Komplek Tasri Perdamaian Stabat.

Muhammad Ishak MPd, Ketua Yayasan Sinar Ittihadiyah Langkat menjelaskan, kegiatan ini sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan kompetensi guru–guru PAI di Langkat. Pasalnya, meski guru PAI, mereka harus memiliki skill dan pengetahuan sehingga tidak tertinggal dengan guru –guru mata pelajaran lain.

Menurutnya, tujuan dari pelatihan ini adalah selain memberikan pemahaman tentang pengembangan model pembelajaran atau bahan ajar PAI berbasis ICT, juga memberikan pemahaman tentang model perancangan pembelajaran PAI.

“Selain itu juga memberikan pemahaman tentang konsep scientific approach dan authentic assessment sesuai tuntutan Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Juga memberikan pemahaman tentang praktik Pembelajaran terbimbing,” jelas Ishak.

Ishak juga menuturkan bahwa, dengan pelatihan inipun bertujuan memberikan pemahaman tentang pengembangan model pembelajaran yang digabungkan dengan memanfaatkan ICT.

“Dan yang patut disyukuri adalah, kegiatan ini gratis tanpa dipungut biaya apapun kepada peserta. Sehingga diharapkan, bagi yang belum bergabung, dapat datang untuk mengikuti kegiatan ini pada setiap hari Rabu,” ujar Ishak.

Melalui kegiatan yang langsung dikelola oleh instruktur nasional GPAI Yuslan MPd, diharapkan guru-guru PAI dapat menyusun media pembelajaran yang berbasis pada pemanfaatan informasi dan teknologi, sehingga pembelajaran dapat menarik dan menyenangkan.

“Bahkan ke depannya akan bermanfaat bagi siswa, yakni para siswa mendapatkan pengajaran yang baik dan menyenangkan, serta dapat menyerap semua materi pelajaran dengan baik sesuai yang telah direncanakan dalam RPP yang juga memuat media pembelajaran yang berbasis ICT,” pungkas Ishak.

Sementara, adapun selaku penanggungjawab kegiatan ini adalah Drs Abdul Rahim dan Sugianto SAg. Berita Langkat, Lana