Foto: Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi diwakili Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan Drs Hasan Basri MM saat membuka GSMS yang di selenggarakan di Lapangan Pasar V, Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan, Selasa (5/12).

MUDANEWS.COM, Medan – Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan Drs Hasan Basri MM mengaku sangat mengapresiasi dengan digelarnya Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) yang diselenggarakan SMP Negeri 38 Medan, sebab kegiatan seperti ini merupakan penguatan pendidikan karakter bagi para siswa SMPN 38 Medan.

“Kegiatan seperti ini patut kita apresiasi, karena ini merupakan salah satu bentuk pendidikan karakter yang mampu membentuk para siswa menjadi insan yang berbudi pekerti luhur dan memiliki semangat optimisme dalam mengejar ilmu pengetahuan,” kata Hasan Basri saat membuka GSMS yang di selenggarakan di Lapangan Pasar V, Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan, Selasa (5/12).

Dikatakan Hasan Basri, Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Pendidikan kota Medan menyelenggarakan pendidikan dengan bertumpu pada tiga aspek di antaranya yaitu, pertama, Pendidikan karakter, kedua, Pendidikan yang berbasiskan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan yang ketiga lingkungan sekolah yang alamiah.

“SMPN 38 Medan telah menunjukkan ketiga aspek tersebut, para siswa selain diajari ilmu pengetahuan dan teknologi, juga diajari pendidikan karakter melalui seni, dan sekolah selalu bekerjasama dengan pemerhati lingkungan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang asri dan alami,” jelas Hasan Basri.

Untuk itulah, Hasan Basri mengajak para kepala sekolah selain agar mencontoh apa yang telah dilakukan oleh Sekolah SMPN 38 Medan.

“Para kepala sekolah jangan sungkan untuk mencontoh apa yang telah dilakukan SMPN 38 Medan, kalau bisa harus lebih baik lagi,” pesan Hasan Basri.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 38 Medan, Hj Rohanim S.Pd MM mengatakan, kegiatan ini adalah program Kemendikbud, dalam rangka mewujudkan program Nawacita Presiden Jokowi yaitu penguatan pendidikan karakter. Sebab membangun karakter dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya melalui seni.

“Melalui kesenian kita ingin membentuk karakter agar anak-anak didik kita menjadi generasi cemerlang dan gemilang di masa yang akan datang,” ujar Rohanim.

Kegiatan GSMS ini diisi dengan tarian, theater, dan lomba bernyanyi oleh para siswa. Tampak hadir dalam kegiatan GSMS ini Camat Medan Marelan, Unsur Muspika Kecamatan, sejumlah Kepala Sekolah, orangtua siswa beserta para siswa SMPN 38 Medan. (md-03)