Foto: Konferensi pers International Islamic Education Expo.

MUDANEWS.COM, Jakarta – Kementerian Agama akan menyelenggarakan Pameran Pendidikan Islam Internasional atau International Islamic Education Expo (IIEE). Event internasional ini akan berlagsung dari 20-24 November 2017 di ICE BSD Serpong, Tangerang-Indonesia.

Dirjen Pendidikan Agama Islam, Kamaruddin Amin mengatakan, pameran yang mengangkat tema Indonesian Islamic Education for Global Peace ini menjadi ajang pertama. Event ini penting untuk menunjukkan kepada publik dunia bahwa Pendidikan Islam di Indonesia adalah kaya, mempunyai banyak kekhasan, dan berkontribusi bagi perdamaian global.

“Ini sebagai upaya kita mempromosikan pendidikan Islam di Indonesia yang memiliki banyak distingsi atau kekhasan ke dunia internasional. Bahwa khazanah keilmuan Islam di Indonesia juga tidak kalah dengan negara-negara maju di dunia,” ujarnya di hadapan media, Rabu (15/11).

Menurut Kamaruddin, jika selama ini masyarakat dunia memandang Arab maupun Barat sebagai tujuan studi dan kiblat studi Islam, kini saatnya mempromosikan bahwa pendidikan Islam Indonesia tidak kalah bermutu.

“Pendidikan di Indonesia dapat dijadikan referensi pendidikan Islam di masa mendatang,” ujarnya didampingi Seditjen Pendidikan Islam, M Isom Yusqi.

IIEE nantinya akan menyelenggarakan beberapa forum internasional, seperti Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS), Deklarasi Jakarta, Apresiasi Pendidikan Islam (API), dan seminar internasional tentang studi pesantren.

Selain itu, pada ajang ini juga akan dimeriahkan dengan kompetisi robotik madrasah serta penyediaan sejumlah layanan, seperti beasiswa, pencatatan hak kekayaan intelektual, dan layanan konseling beasiswa luar negeri.

“Kami persilakan semua masyarakat untuk datang Ke ICE Serpong pada tanggal tersebut untuk mendatangi IIEE dan gratis,” tutupnya. (red)