Foto: Wakil Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menjamu makan malam bersama Pemerintah Mahasiswa (PEMA) Fakultas Kedokteran USU dan ikatan senat mahasiswa kedokteran Indonesia (ISMKI), di Restauran Istana Koki, Rabu (1/11).
Foto: Wakil Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menjamu makan malam bersama Pemerintah Mahasiswa (PEMA) Fakultas Kedokteran USU dan ikatan senat mahasiswa kedokteran Indonesia (ISMKI), di Restauran Istana Koki, Rabu (1/11).

MUDANEWS.COM, Medan – Perguruan tinggi memiliki peran yang cukup strategis dalam menciptakan sumber daya manusia yang memiliki kapabilitas dan kemampuan kompetitif. Sudah saatnya perguruan tinggi tidak hanya berkontribusi kepada ilmu pengetahuan, tetapi juga kepada bentuk-bentuk yang paling praktis berdimensi kesejahteraan.

“Tidak sedikit perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi datang dari para intelektual muda hasil binaan dari perguruan tinggi,” kata Wakil Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi dalam acara jamuan makan malam dengan Pemerintahan Mahasiswa (PEMA) Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (FK USU) dan Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) di Istana Koki Medan, Rabu (1/11).

Diungkapkan Wakil Walikota, patuit disyukuri Kota Medan saat ini memiliki sekitar 70 perguruan tinggi, salah satunya USU yang merupakan universitas tertua diibukota Provinsi Sumatera Utara dan telah banyak mencetak manusia handal serta berkiprah di daerah, nasional maupun internasional di semua sektor pembangunan.

Selanjutnya mantan anggota DPRD Medan ini memaparkan, USU, khususnya melalui PEMA FK USU telah menjalin kerja sama dnegan ISMKI untuk melaksanakan Indonesian International Medical Olympiade.

Diharapkannya, melalui kompetisi yang cukup bergengi ini dapat memotivasi dan dimanfaatkan bagi para mahasiswa kedokteran dan seluruh penggiat bidang kesehatan untuk mengasah kemampuan, ketrampilan serta menumbuhkan semangat kompetitif.

Apalagin tambah Akhyar, sebagai kota metropolitan baru dan terbesar ketiga di Indonesia, Medan sebagai pintu masuk wilayah barat memiliki potensi yang cukup besar di bidang bisnis, ekonomi dan tidak terkecuali bidang kesehatan.

“Untuk itu dibutuhkan SDM yang berkaulitas dan profesional dalam memberikan memberikan pelayanan dan sarana prasarana pendukung yang baik dengan teknologi tinggi,” ungkapnya.

Oleh karenanya Wakil Wali Kota berpesan kepada seluruh peserta dapat berdiskusi dan berdialog untuk melihat peluang maupun potensi Kota Medan yang dapat dikembangkan, khususnya bidang kesehatan pada masa mendatang.

Selain dihadiri oleh ratusan mahasiswa kedokteran, jamuan makan malam ini turut dihadiri oleh Dekan FK USU DR.Dr.Aldi Syafruddin Rambe Sp.S(K), dosen pembimbing, Ketua Departemen FK USU dan dewan juri Indonesian International Medical Olimpiade.

“Pemko Medan merasa sangat senang, sebab Kota Medan dipercaya menjadi tuan rumah dalam olimpiade bidang kesehatan yang diikuti oleh para mahasiswa kedokteran dari berbagai negara ini,” paparnya.

Sementara itu, Dekan FK USU DR Dr Aldi Syafruddin Rambe Sp S(K), mengucapkan terimakasih kepada Pemko Medan atas jamuan yang diberikan tersebut. Dirinya berharap kepada para peserta yang mengikuti olimpiade ini dapat menikmati Kota Medan dan membawa kenangan indah.

“Mudah-mudahan adik-adik betah di Kota Medan dan sepulangnya nanti dapat membawa kenangan yang indah bagi kita semua,” harap Aldi. (red)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here