Rekor MURI Pembuatan Komik Terpanjang Meriahkan Hari Santri

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta – Kementerian Agama akan menggelar puncak peringatan Hari Santri tahun 2017 di Lapangan Simpang Lima Semarang pada 22 Oktober 2017. Peringatan ini akan dimeriahkan dengan pencatatan rekor pada Museum Rekor Indoensia (MURI).

“Sebanyak 31 komikus akan membuat komik terpanjang, sekitar 300 meter. Pencapaian ini akan dicatat pada MURI,” terang Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Ahmad Zayadi di Jakarta, Kamis (19/10).

Menurut Zayadi, proses pembuatan komik terpanjang itu akan diawali dengan goresan tinta pertama dari Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. “Acara akan dimulai dari pukul 14.00 dan diperkirakan selesai menjelang magrib,” ujarnya.

Malam puncak peringatan Hari Santri akan dimeriahkan dengan pembacaan shalawat bertajuk “Malam Shalawat Kebangsaan Hari Santri 2017”. Ribuan santri dari berbagai pondok pesantren di daerag Jawa Tengah dan sekitarnya diperkirakan akan memadati lapangan Simpang Lima Semarang.

“Malam Shalawat ini akan dihadiri juga oleh Menteri Agama dan Gubernur Jawa Tengah,” katanya.

“Pada malam itu, Menag akan menyerahkan 20.056 Kartu Indonesia Pintar (KIP) santri. Secara simbolis, KIP ini akan diserahkan kepada lima perwakilan santri,” sambungnya.

Pada malam itu juga, kata Zayadi, Menteri Agama Lukman Hakim bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin akan meresmikan dimulainya hitungan mundur (countdown) pelaksanaan Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) tahun 2017.

“MQK ke-VI ini akan diselenggarakan pada 29 November hingga 7 Desember di Pondok Pesantren Roudlatul Mubtadiin Balekambang, Jepara,” tandasnya.

Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 yang menetapkan Tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri. Sejak saat itu, tanggal 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri. Tema peringatan tahun ini adalah “Wajah Pesantren Wajah Indonesia”. (red)

 

- Advertisement -

Berita Terkini