CoCe Unimed
Foto: Peserta CoCe Unimed.

MUDANEWS.COM, Medan – Unit usaha Counseling Center Universitas Negeri Medan atau dikenal sebagai CoCe Unimed merupakan program unit usaha berorientasi pada profit yang selama 3 tahun dari tahun 2015 sampai 2017 telah diberikan hibah pengabdian skema Program Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus (PPUPIK) oleh Direktorat Jenderal Riset dan Pengabdian Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Program ini diketuai oleh Prof Dr Rosmala Dewi MPd, Kons beserta anggota yang terdiri dari Prof Dr Sri Milfayetty MS, Kons dan Dr Muhammad Fitri Rahmadana SE MSi.

Kegiatan PPUPIK telah berkerjama dengan berbagai pihak diantaranya Universitas Asahan, STIE IBBI Medan, 13 sekolah menengah atas yang tersebar diberbagai kabupaten/kota di Propinsi Sumatera Utara, dan 2 sekolah menengah pertama yang berada di Kota Medan.

Prof Dr Rosmala Dewi MPd, Kons menjelaskan bahwa “peserta yang telah memperoleh pelayanan dari CoCe Unimed dari tahun 2015 sampai saat ini berjumlah 8.085 klien, dimana 80 persen diantaranya berorientasi pada profit dan sisanya merupakan pelayanan nonprofit yang diberikan kepada orang tua dan mahasiswa Unimed.”

“Tujuan jangka panjang yang ingin dicapai oleh CoCe Unimed untuk dapat menjadi unit usaha baru yang dikelola oleh Universitas Negeri Medan agar menjadi unit usaha income generate kampus dan menciptakan wirausaha baru yang dikelola oleh dosen dan mahasiswa,” ungkap Rosmala, Selasa (17/10/2017).

Kemudian, Dalam melakukan pelayanan psikologi CoCe Unimed memberdayakan dosen, mahasiswa jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, dan mahasiswa Pendidikan Profesi Konselor.

Pelayanan psikologi CoCe Unimed dilakukan secara holistic, inovatif, bekerja cepat, pantas, dan tuntas. Instrumen tes psikologi yang digunakan oleh CoCe Unimed sudah akurat dan divalidasi oleh pakar sehingga penelusuran minat, bakat, intelegensi, dan masalah belajar dapat diberikan rekomendasi secara tepat. Hal ini yang membedakan CoCe Unimed dengan biro psikologi lainnya.

Salah satu mitra, Kepala SMAN 1 Sei Suka Bapak Drs Ridwan Alias Nazri Rafik menjelaskan bahwa kita (SMAN 1 Sei Suka) sudah 4 tahun bekerjasama dengan CoCe Unimed.

“Hasil psikotes sangat mudah dibaca dan dipahami oleh guru BK, sehingga kami mudah dalam menentukan bakat dan minat siswa dalam pemilihan jurusan dan program studi lanjutan ke perguruan tinggi,” ujar Ridwan.

Ibu Prof (Rosmala Dewi) berserta tim juga memberikan hasil permasalahan belajar siswa dari hasil psikotes yang dilakukan. Rekomendasi yang seperti ini tidak pernah didapatkan oleh sekolah jika dibandingkan dengan biro psikologi lainnya.

Pada tahun 2017 merupakan tahun terakhir pendanaan CoCe Unimed melalui hibah pengabdian PPUPIK yang diberikan oleh DRPM Ristekdikti kepada Universitas Negeri Medan.

Tim CoCe Unimed berharap unit usaha ini dapat diterima dan menjadi salah satu unit usaha kampus yang mendukung praktek pembelajaran bagi dosen dan mahasiswa serta menghasilkan income generate bagi Universitas Negeri Medan. Berita Medan, Alvian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here