Foto: Kepala Seksi Pakis Kemenag Medan H Imran Harahap memberikan kata sambutan.
Foto: Kepala Seksi Pakis Kemenag Medan H Imran Harahap memberikan kata sambutan.

MUDANEWS.COM, Medan – Kelompok Kerja (Pokja) TKQ/TPQ Kota Medan bekerjasama dengan Seksi PAKIS Kemenag Medan menggelar peragaan manasik haji bagi siswa-siswi TKQ/TPQ (Taman Kanak-Kanak Alquran/Taman Pendidikan Alquran) di Asrama Haji Medan, Kamis (12/10).

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Seksi Pakis Kemenag Medan H Imran Harahap didampingi Ketua Pokja TKQ/TPQ Kota Medan Iswani Nasution menyampaikan, manasik haji ini adalah agenda rutin yang di gelar Pojak TKQ/TPQ Kota Medan setiap tahunnya bagi seluruh anak-anak kita sebagai arena bermain mempraktekkan teori-teori dan menanamkan sejak dini bagaimana ibadah haji.

Acara tersebut diikuti begitu antusias siswa dan orangtua yang turut dihadiri Plt Kakan Kemenag Medan H Negara Pohan. Kali ini praktek peragaan ini sedikit berbeda, karena orangtua yang mendampingi anak-anak diikutkan dalam prakteknya yang didominasi para ibu-ibu.

“Kenapa orang tuanya kami ikutkan? Agar praktek manasik haji ini, bukan saja anaknya yang mengerti tetapi orang tuanya juga dapat mengerti gambaran pelaksanaan ibadah haji. Dengan cara diikutkannya orang tuanya, nantinya ada niat untuk mendaftarkan diri menunaikan ibadah haji,” ucap Imran.

“Semoga dengan peragaan ibadah haji ini, praktek dan ilmu terpatri dijiwa dan ingatan anak-anak kita, setelah dewasa, jika diberikan kesempatan menunaikan ibadah Haji ke tanah suci sudah ada bekal yang diajarkan sewaktu kecil,” ujar Imran mengakhiri.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pokja Kota Medan, Zulkarnain menyampaikan laporan bahwa siswa TKQ/TPQ yang mengikuti peragaan ini berjumlah 2.114 siswa yang terdiri dari 72 TKQ/TPQ se-Kota Medan. Beliau juga menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya.

Acara tersebut dimulai pada pukul 08.30 WIB dimulai dengan pengenalan ihram, wukuf, tawaf, sai, Arafah, musdhalifa, mina dan tertib. Turut hadiri para Pengurus Pokja Kota Medan, para muthawif, guru guru dan para wali murid yang didominasi para ibu. (ka)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here