Ospek UINSU Medan 2017
Foto: Rektor UINSU Prof Dr Saidurrahman saat memberikan kata sambutan.

MUDANEWS.COM, Medan – Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) menggelar masa perkenalan mahasiswa tahun ajaran baru 2017 dengan menggelar Khatam Alquran.

UINSU yang menggelar Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) mengusung Tema ‘Bersama UIN SU Semesta Mengaji (17 Kali Khatam Alquran dalam 17 Menit),’ di Kampus I UINSU Jalan Sutomo Ujung Medan, Senin (28/8/2017).

Acara PBAK ini diikuti sebanyak 6.875 mahasiswa baru dari 8 fakultas yang ada di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, tidak termasuk mahasiswa S2 dan S3 yang berjumlah 400an pada tahun ini.

“Acara PBAK ini diharap mampu menumbuhkan semangat dan wawasan akademik serta kemahasiswaan di kalangan mahasiswa baru, kegiatan ini juga dirangkai dengan mengkhataman Alquran sebanyak 17 kali dalam 17 menit yang diikuti oleh 6.875 mahasiswa sebagai pelaksanaan tema acara hari ini,” ujar Rektor UINSU Prof Dr Saidurrahman.

Ospek UINSU Medan 2017
Foto: 6.875 mahasiswa baru mengikuti PBAK UINSU 2017

Ketika ditanya alasan mengapa PBAK tahun ini diisi kegiatan Khatam Alquran, Prof Dr Saidurrahman mengatakan hal ini sengaja dilakukan untuk tetap memupuk nilai-nilai keislaman terhadap mahasiswa baru UINSU serta masih dalam semangat kemerdekaan demi menjaga persatuan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Khatam Alquran 17 kali dipilih karena 17 ramadan adalah awal pertama diturunkannya Alquran dan 17 Agustus hari kemerdekaan Indonesia yang baru saja kita peringati dan harus tetap dijaga semangat kemerdekaan,” ujarnya.

Sementara itu salah satu mahasiswa baru, Rahmad, mengatakan kegiatan PBAK UINSU sangat luar biasa karena memupuk rasa nasonalis dan religius kepada seluruh mahasiswa, ia juga berharap agar kegiatan ini menjadi kegiatan yang tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI). Berita Medan, Ahmad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here