Foto: Menag Lukman Hakim Saifuddin saat menyampaikan sambutan pembukaan Aksioma-KSM 2017 di Yogyakarta.
Foto: Menag Lukman Hakim Saifuddin saat menyampaikan sambutan pembukaan Aksioma-KSM 2017 di Yogyakarta.

MUDANEWS.COM, Yogyakarta – Perhelatan Ajang Kompetisi Seni Dan Olahraga Madrasah (AKSIOMA), Kompetisi Sains Madrasah (KSM), dan Lomba Karya Tulis Ilmiah Madrasah Tingkat Nasional Tahun 2017 resmi dibuka Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Pembukaan yang dihelat meriah di Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Senin (7/8) malam dihadiri Wagub Provinsi DI Yogyakarta Paku Alam X dan 2.178 peserta dan 1.038 guru pendamping yang berasal dari 34 provinsi seluruh Indonesia serta ribuan siswa madrasah Yogyakarta.

Menag Lukman dalam arahannya berpesan agar anak-anak madrasah wajib menjaga negeri. Pesan itu ia sampaikan berulang.

“Jagalah negeri ini dengan terus berprestasi.Terus rajut dan ukir prestasi, hingga kalian jadi ahli. Bukan seorang ahli yang lupa diri, tapi seorang ahli yang senantiasa mawas diri. Bukan seorang ahli yang tak berbakti, tapi seorang ahli yang siap mengabdi pada ibu pertiwi. Bukan seorang ahli yang tak punya empati, tapi seorang ahli yang paham arti toleransi. Karena, sekali lagi, Anak Madrasah Wajib Menjaga Negeri,” ujar Menag yang disambut gempita ribuan siswa madrasah.

“Bila kalian telah memiliki keahlian masing-masing, tetaplah bergandengan maju bersama demi bangsa. saya menaruh harapan besar, bahwa kalian adalah calon-calon pemimpin bangsa, yang tidak saja dapat mengaplikasikan teknologi, tetapi pemimpin bangsa yang dapat mengaplikasikan iman dan taqwa dan cinta tanah air untuk menjaga keutuhan bangsa,” pesan Menag.

Sejumlah cabang olahraga, seni dan lomba akan digelar dari tanggal 27-12 Agustus 2017. Untuk kegiatan KSM, bidang yang dilombakan adalah Matematika+ Pendidikan Agama Islam ( PAI), IPA+PAI, Bilogi+PAI, Fisika+PAI, Kimia+PAI, Geografi+PAI dan Ekonomi+PAI.

Kegiatan AKSIOMA akan memperlombakan sejumlah cabang; bidang lomba terdiri dari Lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Kaligrafi, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Inggris, Pidato Bahasa Arab, Tahfidz, Hadroh, Madrasah Singer, Tenis Meja, Bulu Tangkis dan Futsal. Sedangkan untuk LKTI terdiri dari bidang IPA, IPS dan Keagamaan. (ka)

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here