Foto: Menag Lukman Hakim melambaikan tangan kepada Defile Peserta Aksioma-KSM 2017 Yogyakarta.
Foto: Menag Lukman Hakim melambaikan tangan kepada Defile Peserta Aksioma-KSM 2017 Yogyakarta.

MUDANEWS.COM, Yogyakarta – Dihelat meriah dan kolosal, Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) dan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2017 resmi dibuka Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Senin (7/8) malam. Tampak hadir, Wakil Gubernur DI Yogyakarta Paku Alam X, pejabat eselon I dan II Kemenag serta Kakanwil Kementerian Agama Provinsi.

Pembukaan Aksioma-KSM diawali dengan defile kontingen setiap provinsi yang menggunakan Delman atau Andong hias dengan pakaian adat setiap provinsi, melintas di depan panggung utama dengan melambaikan tangan yang dibalas sukacita oleh Menag, Wakil Gubernur, dan para pejabat serta gemuruh ribuan siswa madrasah yang memenuhi tribun di sayap kiri kanan stadion.

Pembukaan yang ditandai dengan pencabutan Gunungan oleh Menag dan diserahkan kepada Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kamaruddin Amin berlangsung meriah.

Tarian kolosal Aku Cinta Madrasah yang dibawakan ribuan madrasah dengan koreografi yang menarik, menjadi salah satu gelaran acara pembukaan yang juga mengahadirkan kelompok musik Kyai Kanjeng dengan Cak Nun serta penyanyi Novia Kolopaking.

Peserta kegiatan AKSIOMA-KSM Tahun 2017 adalah siswa siswi terbaik seluruh Indonesia yang telah melalui seleksi dari tingkat Kabupaten/Kota hingga Provinsi.

Jumlah peserta dan pendamping AKSIOMA-KSM secara keseluruhan berjumlah 2.178 peserta dan 1.038 guru pendamping yang berasal dari 34 provinsi seluruh Indonesia.

Sejumlah cabang olahraga, seni dan lomba akan digelar dari tanggal 27-12 Agustus 2017. Untuk kegiatan KSM, bidang yang dilombakan adalah Matematika+PAI, IPA+PAI, Bilogi+PAI, Fisika+PAI, Kimia+PAI, Geografi+PAI dan Ekonomi+PAI.

Untuk kegiatan AKSIOMA, bidang lomba terdiri dari Lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Kaligrafi, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Inggris, Pidato Bahasa Arab, Tahfidz, Hadroh, Madrasah Singer, Tenis Meja, Bulu Tangkis dan Futsal. Sedangkan untuk LKTI terdiri dari bidang IPA, IPS dan Keagamaan. (ka)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here