Foto: Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin berbincang dengan wartawan.
Foto: Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin berbincang dengan wartawan.

MUDANEWS.COM, Jakarta – Kementerian Agama akan kembali menggelar Ajang Kompetensi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) dan Kempetensi Sains Madrasah (KSM). Gelaran dua tahunan ini akan digelar di Yogyakarta selama sepekan, 7 – 12 Agustus 2017.

Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin, menilai ajang kompetisi ini tidak hanya akan meningkatkan kompetensi siswa, tetapi juga memperkuat karakter siswa dalam berbangsa dan bernegara.

“Ajang ini tidak hanya meletakan nilai-nilai agama dan pengetahuan, tapi para siswa juga akan dibekali dengan nilai-nilai kebangsaan,” ungkap Kamaruddin di Jakarta, Rabu (2/8).

Menurutnya, ajang ini strategis dalam rangka memgembangkan bakat, kompetensi, dan prestasi siswa, serta menumbuhkan karakter unggul. Tema yang diangkat adalah ‘integritas, sportivitas, dan intelelektual’.

“Tema yang mencakup tiga karakter tersebut sangat dibutuhkan, terutama di era yang makin kompetitif saat ini,” kata Guru Besar UIN Alaudin Makasar.

Karena didesain untuk pembentukan karakter, lanjut Kamaruddin, event ini tidak hanya mencari juara. “Titik tekannya untuk melatih semangat belajar, mengasah tanggung jawab, berprilaku sportif dan menghargai orang lain,” sambungnya.

Di hadapan wartawan, Kamaruddin menambahkan bahwa kegiatan ini akan diikuti para siswa utusan provinsi di seluruh Indonesia. “Kegiatan ini terbuka untuk semua siswa, baik siswa madrasah maupum siswa sekolah dibawah naungan Kemendikbud,” tambahnya.

Hadir mendampingi Kamaruddin Amin, Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam Ishom Yusqi, Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Mastuki, serta Kasubdit Kesiawaan Abdulah Faqih. (ka)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here