Prestasi Siswa Madrasah di OSN 2017 Meningkat

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta – Ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat nasional tahun 2017 baru saja selesai. Para siswa madrasah berhasil meraih 20 medali, mulai dari emas, perak, perunggu, dan the best practice.

Kepala Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Serpong, Persahini Sidik (Penny) mengatakan, capaian prestasi tahun ini lebih baik dibanding tahun lalu.

“Alhamdulillah, prestasi siswa madrasah pada OSN Pekanbaru meningkat,” ujarnya, Sabtu (8/7).

Menurutnya, peningkatan ini setidaknya bisa dilihat pada tiga aspek. Pertama, medali emas yang diraih tahun ini bertambah banyak.

“Pada OSN 2016, siswa madrasah hanya mendapat dua medali emas bidang Astronomi. Tahun ini, siswa madrasah meraih empat medali emas pada bidang IPA (MTs), Kimia (2), dan Astronomi (2),” jelasnya.

Alasan kedua, siswa madrasah masih bisa mempertahankan tradisi mendapatkan prestasi the best practice atau nilai praktikum tertinggi. Tahun ini, penghargaan itu diraih Abdullah Muqaddam pada bidang Kimia.

Alasan ketiga, lanjut Penny, sebaran madrasah yang meraih medali semakin banyak. Tahun lalu yang meraih medali adalah siswa MAN IC Serpong, MAN IC Gorontalo, MAN 3 Malang, dan MAN 4 Jakarta. Tahun ini, selain tiga madrasah yang disebut pertama, ada juga siswa MAN 1 Pekanbaru dan MAN 2 Pekanbaru. Medali emas tahun ini juga disumbang siswa MTsN 1 Malang.

Penilaian yang sama disampaikan oleh Kepala MAN 3 Malang Binti Maqsudah. Menurutnya, tahun ini prestasi madrasah lebih baik dari tahun kemarin.

“Untuk MAN 3 Malang, tahun lalu hanya mendapat 5 perak dan 3 perunggu. Tahun ini dapat 2 emas, 1 perak, dan 5 perunggu,” ujarnya.

“MTsN 1 Malang tahun lalu memperoleh 1 perunggu, tahun ini 1 emas,” sambungnya.

Selain itu, siswa MAN 3 Malang atas nama M Raihan Reza juga mendapat The Best Paper untuk makalah Ekonomi. Judul makalah yang diangkat adalah “Peran Ekonomi Kreatif dalam Pengembangan Pariwisata Kampung Wisata Jodipan”. (ka)

- Advertisement -

Berita Terkini