2018, Kemenag Kembangkan Madrasah Berbasis Pertanian di Rokan Hulu

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Riau – Kementerian Agama terus menggalakan pengembangan madrasah vokasional.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, M Nur Kholis Setiawan mengatakan pada tahun 2018, Kementerian Agama akan mulai mengembangkan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN) berbasis Pertanian di Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau.

Hal itu disampaikan M Nur Kholis Setiawan saat memantau persiapan operasional penyelenggaraan MAKN di Rokan Hulu, Selasa (4/7). MAKN ini rencananya akan mulai beroperasi pada tahun pelajaran 2018/2019.

“Kemenag berkomitmen mengembangkan madrasah kejuruan berbasis Ma’had. MAKN Rokan Hulu ini merupakan salah satu prototype MAKN dari 5 MAKN yang ada di Indonesia,” katanya didampingi Kakanwil Kemenag Provinsi Riau Ahmad Supardi Hasibuan dan Kasubdit Kesiswaan Dit KSKK Abdullah Faqih

MAKN Rokan Hulu berdiri di atas lahan seluas 13 ha yang berada di tengah hutan kelapa sawit. Lahan ini merupakah hibah masyarakat kepada Kemenag.

M. Nur Kholis Setiawan mengatakan, pendirian MAKN ini bertujuan meningkatkan akses dan mutu pendidikan menengah di Provinsi Riau. Untuk mempercepat pembangunan infrastruktur, Direktur KSKK Madrasah berjanji akan mengalokasikan anggaran pembangunan Unit Madrasah Negeri Baru melalui skema SBSN.

Direktur berharap, madrasah terus mengembangkan kreativitas dan inovasi dengan berbasis keunggulan lokal yang tidak hanya fokus pada ilmu teori saja. Lebih dari itu, madrasah juga harus dapat mengedepankan praktek dan implementasi.

“Pendidikan tidak hanya fokus pada dimensi ilmu teori saja, tetapi juga harus berdimensi praktek,” jelas M Nur Kholis Setiawan.

Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Riau menyampaikan terima kasih atas dijadikannya MAKN Rokan Hulu Riau sebagai salah satu prototype MAKN di Indonesia. (ka)

 

 

- Advertisement -

Berita Terkini