1.292 Sekolah di Sumut Nyatakan Siap Gelar UNBK

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Laporan: Yugo

MUDAnews, Medan, (Sumut) – Ujian Nasional tinggal menunggu waktu. Sebanyak 1.292 sekolah di Sumut nyatakan siap menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017.

Jumlah ini terpaut jauh dari tahun sebelumnya. Di 2016 hanya 96 sekolah yang menggelar UNBK.

“Peserta sekolah tingkat SMA, SMK, MAN, SMP, MTs yang ikut sangat meningkat seluruhnya berjumlah 1.292 unit sekolah yang ada di kabupaten kota se Sumut,” kata , Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Sumut Arsyad Lubis, Selasa (21/03/2017).

Meningkatnya jumlah sekolah yang ikut UNBK adalah berkat kerjasama perguruan tinggi negeri dan swasta dengan Pemprov Sumut melalui MOU antara Gubernur Sumut dengan beberapa Rektor di Sumatera Utara.

Selain itu juga karena faktor kesiapan sekolah yang mampu memfasilitasi peralatan komputer serta jaringan internet di masing-masing sekolah.

“Kita bersyukur karena perguruan tinggi ‎itu bersedia meminjamkan alat-alat lab mereka kepada Dinas Pendidikan berupa komputer untuk dipakai oleh sekolah dalam melaksanakan ujian nasional  berbasis komputer,” jelasnya.

Selain perlengkapan komputer, Arsyad juga menghimbau kepada seluruh sekolah agar menyediakan mesin genset saat berlangsungnya UNBK nanti. Ia juga berpesan agar tetap berkordinasi dengan pihak PLN untuk membantu meminimalisir pemadaman listrik.

Dari 33 kabupaten kota di Provinsi Sumut, baru tiga daerah yang 100 persen siap melaksanakan UNBK pada tahun 2017 ini. Ketiga daerah tersebut yakni, Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Batubara dan Kabupaten Tapanuli Tengah. [pa]

- Advertisement -

Berita Terkini