‘Solidaritas Mahasiswa USU Melawan’ Berunjuk Rasa, Minta Rektorat Merdekakan Kreatifitas

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Laporan: Jaya

MUDANews.com, Medan (Sumut) – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam aliansi Solidaritas Mahasiswa USU Melawan (SOMAL) berunjuk rasa di depan kantor Biro Rektor USU, Rabu (23/2). Mereka menuntut rektorat untuk menghapus beberapa peraturan yang dianggap mengekang kreatifitas mahasiswa.

Koordinator Lapangan saat unjuk rasa itu, Hiskia Hutabarat mengungkapkan, saat ini kampus benar-benar mengekang kemerdekaan berkreatifitas mereka.

“Seperti kami di Etnomusikologi, kalau kami kan sering berkreatifitas diluar jam kampus. Kalau dibatasi, bagaimana kami bisa berkreatifitas,” ujar mahasiswa semester delapan Etnomusikologi itu di sela aksi.

Selain itu, mereka juga menolak diberlakukannya sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT). Mereka menganggap sistem UKT telah membatasi orang miskin yang ingin berkuliah di USU.

“Pendidikan untuk seluruh masyarakat Indonesia, UKT hanya akan membatasi orang yang tidak mampu untuk berkuliah,” tegas Haskia.

Massa sempat meminta Rektor USU Runtung Sitepu untuk turun dari kantornya dan menemui massa. Namun, hingga aksi berakhir, orang nomor satu di USU itu tidak juga menemui massa.

Sebelumnya, mereka juga sempat berunjuk rasa di Pintu I USU sambil menampilkan sejumlah pagelaran seni dan budaya.[am]

- Advertisement -

Berita Terkini